ANALISIS FILSAFAT PAULO FREIRE TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.107Keywords:
Paulo Freire, Sistem Pendidikan, Kaum TertindasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan potensi penindasan dalam sistem pendidikan di Indonesia khususnya di SMP Negeri 1 Baleendah Bandung, serta memberikan gambaran bagaimana mekanisme pendidikan yang membebaskan menurut kategori Paulo Freire. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan karakter deskriptif dimana peneliti secara langsung mengamati dan mengumpulkan data dengan teknik wawancara di lapangan. Wawancara dilakukan kepada guru, siswa, dan komite sekolah sebagai wakil orang tua siswa. Hasil penelitian ini meliputi potensi pendidikan yang menindas seperti model pendidikan gaya bank, potensi terciptanya situasi penindasan, serta adanya masifikasi pendidikan oleh pihak berkuasa.
References
, U.-U. R. (2003). Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Citra Umbara.
Bakry, N. M. (1989). Logika Praktis. Yogyakarta: Liberty.
Collin, D. (2011). Paulo Freire, Kehidupan, Karya dan Pemikirannya, terjemahan Heyneardy dan anastasia. yogyakarta: pustaka pelajar.
Dananjaya), P. F. (2007). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
Dewantara, K. H. (2004). Pendidikan: Bagian Pertama. Yogyakarta: Majelis luhur persatuan Taman Siswa.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Freire), O. I. (2001). Pendidikan yang membebaskan, pendidikan yang memanusiakan dalam menggugat pendidikan. yogyakarta: pustaka pelajar.
Freire, A. P. (2002). The politics of education. yogyakarta: pustaka pelajar.
Freire, P. (1970). Pedagogy of The Oppresses. New York: The Seabury.
Freire, P. (2002). Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, P. P. (1984). Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: PT. Gramedia.
KEMENDIKBUD, R. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Louis Althusser, (. o. (2007). Lenin and Philosophy, and Other Essays (Filsafat Sebagai Senjata Revolusi). Yogyakarta: Resist Book.
Luthfiyah, F. d. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Moeleng, L., & j. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. A. (1982). Tetapan-tetapan Antropologi dalam Filsafat Pendidikan Paulo Freire. Skirpsi pada Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara, 9.
Pramono, M. (2003). Menyelami Spirit Epistimologi Paulo Freire dalam Epistimologi Kiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Roberts, P. (2000). Education, Literacy, and Humanization. London: Bergin & Garvey.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, A. (2015). Filsfat Ilmu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yamin, M. (n.d.). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).