Hubungan Model Pembelajaran Tendangan Penalti dengan Tingkat Kepercaya Diri dalam Permainan Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v1i1.3Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tendangan penalti dalam mencetak gol dalam permainan sepakbola, tingkat kepercayaan diri pemain sepakbola, dan hubungan antara model pembelajaran tendangan penalti dengan tingkat kepercayaan diri dalam permainan sepakbola. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen, dengan populasi dan sampel adalah pemain sepakbola yang tergabung dalam siswa ekstrakulikuler sepakbola SMAN 4 Garut sebanyak 20 orang. Instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-test, Treatment dan Post-test. Hasil penelitian, pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa signifikansi peningkatan hasil latihan tendangan penalti, dengan tingkat kepercayaan diri pemain sepakbola SMAN 4 Garut dengan rata-rata berada pada kategori baik, kepercayaan diri pemaian sepakbola memiliki nilai koefisien yang berkatagori tinggi, dan untuk hubungan tendangan penalti dengan tingkat dapat disimpulkan bahwa korelasi antara tendangan penalti dengan kepercayaan diri memiliki nilai koefisien berkatagori tinggi. Dengan temuan tersebut, penulis mengajukan saran
agar pemain sepakbola lebih memperhatikan latihan tendangan penalti dan tingkat kepercayaan diri untuk mendukung dalam permaianan sepakbola agar kemampuan dan penampilan saat bermaian maksimal.
Kata kunci: kepercayaan diri; model pembelajaran; sepakbola
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).