Pengaruh Metode Pendekatan Bermain terhadap Partisipasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Adaptif Tuna Grahita Ringan

Azhar Ramadhana Sonjaya

Abstract


Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh metode pendekatan bermain dan metode pendekatan konvensional tehadap partisipasi belajar pendidikan jasmani siswa adaptif tuna grahita ringan di SLB bagian C Kabupaten Cirebon. Untuk memecahkan masalah tersebut, digunakan metode eksperimen (pretest and posttes control group desain) dengan teknik observasi. Pengamatan dilakukan oleh 3 orang observer yang bersama mengamati kejadian di lapangan. Data hasil observasi selanjutnya dianalisis secara sederhana melalui analisis statistik. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani dalam pendekatan bermain pada hasil analisis data kelompok kontrol menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani dalam pendekatan bermain, ketika dua kelompok dibandingkan menunjukan adanya pengaruh metode pendekatan bermain yang lebih baik terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani.

 

Kata kunci: metode bermain; metode konvensional; partisipasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/5.jpg

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.