PROTOTYPE WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) SISTEM PENDETEKSI DINI KEBAKARAN HUTAN | Siswanto | Jurnal Perspektif

PROTOTYPE WIRELESS SENSOR NETWORK (WSN) SISTEM PENDETEKSI DINI KEBAKARAN HUTAN

Siswanto Siswanto, Sutarti Sutarti, Riyan Naufal Hays, Ardi Setyo Anggoro

Abstract


Kebakaran hutan merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia dan mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Pada saat ini sistem pendeteksi kebakaran hutan mengandalakan dari citra satelit sehingga sulit untuk menemukan titil kebakaran hutan. Sistem pendeteksi kebakaran hutan dapat memberikan informasi kepada penjaga hutan dari jarak jauh untuk mengurangi dampak dari kebakaran. Teknologi yang dapat digunakan adalah teknologi Wireless Sensor Network ( WSN) yang terhubung dengan sensor Mq2, sensor api, sensor suhu, dan terhubung ke internet melalui aplikasi Blynk yang terpasang pada Smartphone.sistem ini   akan memudahkan dalam memberikan informasi dimana terjadinya kebaran hutan sehingga penangan dalam mengatasi terjadi kebaran hutan akan menjadi lebih cepat.


Keywords


Blynk, Sensor, Wireless Sensor Network.

References


Ariyani, P. F., & Supriyono, Y. (2017). Sistem Peringatan dan Pendeteksi

Kebakaran Gedung Melalui Notifikasi SMS dengan Menggunakan Sensor Api, Sensor Asap dan Sensor Suhu. JURNAL ILMIAH, Vol 5, No.3, 169.

Dewi, S. S., Satria, D., Yusibani, E., & Sugiyanto, D. (2017). Prototipe system informasi monitoring kebakaran bangunan berbasis Google Maps dan modul GSM. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), Vol. 1, No.1. 33-38.

Dana, M. M. M., Kurniawan, W., & Fitriyah, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Deteksi Titik Kebakaran Dengan Metode Naive Bayes Menggunakan Sensor Suhu dan Sensor Api Berbasis Arduino. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 9.

Firdaus, A. M., Syauqy, D., & Maulana, R. Sistem Deteksi Titik Kebakaran dengan Algoritme K-Nearest Neighbor (KNN) menggunakan Sensor Suhu dan Sensor Api. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 9.

Kusnandar, K., Dharmi, N. K. H., & Pratika, D. A. (2019). Rancang Bangun Alat Prototipe Pendeteksi Kebakaran dengan Android Melalui Internet of Things. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik, Vol. 18, No.1, 17-26.

Pratama, I.P. (2019). WIRELESS SENSOR NETWORK. Bandung: Informatika. Putra, I. W. P. A., Piarsa, I. N., & Wibawa, K. S. (2018). Sistem Pendeteksi Kebakaran Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah

Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), MERPATI

VOL. 6, NO. 3, 167-173.

Purnomo, R. A., Syauqy, D., & Hanafi, M. H. (2018). Implementasi Metode Fuzzy Sugeno Pada Embedded System Untuk Mendeteksi Kondisi Kebakaran Dalam Ruangan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 4.

Santoso, H. (2015). Panduan praktis Arduino untuk pemula. ELANGSAKTI. Com

Sasmoko, D., & Mahendra, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Kebakaran Berbasis IOT dan SMS Gateway Menggunakan

Arduino. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, Vol. 8, No.(2), 469-476.

Widianto, E. D., Eridani, D., Augustinus, R. D. O., & Pakpahan, M. S. (2019).

Simple LoRa Protocol: Protokol Komunikasi LoRa Untuk Sistem

Pemantauan Multisensor. TELKA-Telekomunikasi, Elektronika, Komputasi dan Kontrol, Vol. 5,No. 2, 83-92.

Yanti, N., Rahman, F. Z., & Nur, T. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEBAKARAN DINI BERBASIS LOGIKA FUZZY MENGGUNAKAN MULTISENSOR. Journal of Industrial Engineering Management, Vol. 4, No.2, 46-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v4i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: