Implementasi Model Perkuliahan Assesment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v1i1.2Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap assessment for learning (AFL), sikap mahasiswa terhadap mata kuliah analisis riil ditinjau dari substansi atau materi kuliah dan kesungguhan mahasiswa mempelajari materi kuliah dan mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang kuliah dengan model perkuliahan AFL dengan ekspositori. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperimen (percobaan semu) di mana penulis melakukan perlakuan terhadap variabel bebas dan mengamati perubahan yang terjadi pada variabel terikat. Jenis desain eksperimennya yaitu kelompok kontrol pretes–postes. menurut mahasiswa 92,5% menyatakan bahwa analisis riil, merasa bingung dan kesulitan dalam menyelesaikan soal pembuktian, sikap mahasiswa terhadap mata kuliah analisis riil ditinjau dari substansi atau materi kuliah dan kesungguhan mahasiswa mempelajari materi kuliah diperoleh 70% mahasiswa tidak mempelajari mata kuliah ini sebelumnya. Ketika perkuliahan berlangsungpun 65% mahasiswa kurang memahami materi dengan baik dan memberikan sikap pasif. 77,5% mahasiswa merespon positif terhadap model perkuliahan AFL. berdasarkan hasil postes rata-rata kelas eksperimen 62, kelas kontrol 55 dengan prosentase kenaikan kelas eksperimen 61% sedangkan kelas kontrol 42%. Kesimpulannya mahasiswa yang dalam perkuliahannya melalui AFL kemampuan pembuktian pada mata kuliah analisis riil lebih baik secara signifikan dari pada yang menggunakan perkuliahan ekspositori.
Kata kunci: analisis riil, assesment for learning,
Kata kunci: analisis riil, assesment for learning,
Downloads
Published
2017-02-24
How to Cite
Sugilar, H. (2017). Implementasi Model Perkuliahan Assesment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Perspektif, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.15575/jp.v1i1.2
Issue
Section
Jurnal Perspektif
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).