Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Pemahaman Konsep Kalkulus Diferensial Pada Mahasiswa

Authors

  • Hadifah Ikramina Jasmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Abdurrosyid Abdurrosyid Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Hamdan Sugilar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.276

Keywords:

self-efficacy, pemahaman konsep, kalkulus diferensial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi korelasi antara keyakinan diri (self-efficacy) dan pemahaman konsep kalkulus diferensial pada mahasiswa pendidikan matematika. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 35 mahasiswa yang berasal salah satu program studi pendidikan matematika di kota Bandung. Data self-efficacy diperoleh melalui penggunaan skala self-efficacy yang valid dan reliabel, sedangkan data pemahaman konsep Kalkulus Diferensial diperoleh melalui tes objektif yang telah diadaptasi dari instrumen yang telah teruji kehandalannya. Analisis statistik menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana untuk menguji hubungan antara self-efficacy dan pemahaman konsep kalkulus diferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat self-efficacy dengan pemahaman konsep kalkulus mahasiswa, menunjukkan bahwa mahasiswa dengan self-efficacy tinggi umumnya memiliki pemahaman konsep kalkulus yang lebih baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy dapat menjadi prediktor kuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep kalkulus diferensial. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting bagi konteks pendidikan matematika. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dengan pemahaman konsep kalkulus mahasiswa. Dalam rangka pendidikan matematika, pemahaman konsep kalkulus diferensial dapat ditingkatkan dengan memperhatikan pengembangan self-efficacy mahasiswa

References

Supriyadi, Edy. (2014). SPSS + Amos. Jakarta: In Media.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Zainuddin, Budiyono Dan Imam Sujadi. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dan Numered Heads Together Pada Materi Pokok Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakartaâ€. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 121-130. http: //www. jurnal. fkip.uns.ac.id /index.php/ s2math/ article/ viewFile/ 3884/2750)

Viqriah, Khafittulloh, Budiyono, dan Sri Subanti3. 2015. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps), Think-Talk-Write (Ttw) Dan Two Stay-Stray (Tsts) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Self-Efficacy “. JMEE, 5, (2), 108-119. http:// jurnal. fkip.uns.ac.id /index.php/ jmme/article /download/6766/4622

Jahring, J., Nasruddin, N., Marniati, M., & Tahir, T. (2021). Efikasi Diri Mahasiswa Pada Perkuliahan Persamaan Differensial. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 199. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.10104

Khomariyah, S., & Dr. Janet Trineke Manoy, M. P. (2014). MATHE dunesa. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X, 3(2), 187–194

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Sutama.2015.â€Metode Penelitian Pendidikanâ€. Kartasura: Fairus Media

Hamzah, Ali. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.

Anastasya, D., Murnaka, N. P., John, P., Liana, N. D., & Haryanti. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Prosiding Sendika, 7(2), 2021.

Guven, B., & Cabakcor, B. O. (2013). Factors Influencing Mathematical ProblemSolving Achievement of Seventh Grade Turkish Students. Journal of Learning and Individual Differences, 23(1), 131–137.

Himmah, W. I. (2017). Analisis belief matematika siswa tingkat SMP. Journal of Medives, 1(1), 49-58. Diperoleh dari http://e-journal.ikipveteran.ac.id/index.php/matematika/article/download/457/517

Howard, N. R. (2015). The influences of mathematics self-efficacy, identity, interest, and parental involvement on stem achievement in algebra for female high school students. College of Educational Studies Dissertations. Paper 2.

Akindipe, O. O, “Mathematics achievement motivation: the relationship between parental involvement and mathematics self-efficacy among nigerian elementary school students,†doctoral dissertation, University of Georgia, 2015.

Sugiarti , R. ., Murkana , N. P., Erlangga , E. ., Adicita , R. ., & Pinandita , S.. Learning model of municipal students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1765–1775, 2021. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i4.6039

Gita, A., Yuniarti, D., & Murnaka, N.P.. The Implementation of Matematika Gasing on Multiplication Concept Toward Interest, Study Motivation, and Student Learning Outcome. IICMA 2015, the 3 rd IndoMS International Conference on Mathematics and Its Applications. 234-242, 2015.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Nur Fallah, A. (2017). Pengaruh Model Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Sma. Skripsi. Unpas Bandung: Tidak Diterbitkan.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446.

Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.

Published

2024-05-30

How to Cite

Jasmi, H. I., Abdurrosyid, A., & Sugilar, H. (2024). Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Pemahaman Konsep Kalkulus Diferensial Pada Mahasiswa. Jurnal Perspektif, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.276

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)