HOTS Test Development Based on Realistic Mathematics Learning For Grade V Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v9i1.328Keywords:
Pembelajaran Matematika Realistik, Tes HOTSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis tingkat validitas tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik pada topik bangun ruang; menganalisis tingkat praktikalitas tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan; menganalisis keefektifan tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik; dan mengetahui respon siswa terhadap tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SDN 064987 Medan pada tahun Pelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 30; Hasil penelitian diperoleh bahwa;Â kemampuan tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa telah memenuhi kriteria valid; tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria praktis; tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria efektif; dan respon siswa terhadap tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria yang diperoleh rata-rata di atas 80% pada uji coba I dan uji coba II.
References
Al-Khwarizmi. (2018). Konstruktivisme Dengan Media E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (2), 167–78.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Astuti, P. H.M., Margunayasa, I.G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. . . Jurnal Ilmu Sekolah Dasar, 3, 269–277.
Devina, P., Suanto, E., dan K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Tingkat Tinggi Model Problem Based Learning Materi Peluang Kelas VIII SMP. Jurnal Gantang, 6(1), 61–73.
Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 2 (1), 92-99.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT Remaja Rosdakarya.
Hendrikson R Panjaitan. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Smp Jendral Sudirman. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 1 No 3, 23.
Herawati, Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Karmal NW Kembang Kerang.
Masri, MF., dkk. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM., 11 (1), 116–126.
Muliza, M. (2020). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Produk Domestik Regional Bruto (GRDP) Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Nagan Raya. At-Tasyri’. Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 12(1), 63.
Rustam.E., Sidabutar.D.R., & S. E. 2017. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International. Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR, 33 No 2, 321-331.
Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966
Sudaryono. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.
Winandyaz, C. & A. M. (2021). Developing Educational Games for Mathematics Learning to Improve Learning Motivation and Outcomes. Teknologi Pendidikan, 23 (1), 2620–3081.
Zakaria, E & Muzakkir, S. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Journal Mathematics Education Trends and Research, 1, 32-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).