Kultus Otoritas dan Resistensi dalam Representasi Keagamaan Film Bidaah: Kajian Media sebagai Ritual dalam Komunikasi Islam
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v9i2.393Keywords:
Film Keagamaan, Komunikasi Islam, Media sebagai ritual; Wacana keagamaanAbstract
Film sebagai media komunikasi tidak hanya menyampaikan pesan hiburan, tetapi juga menjadi ruang ritual budaya yang membentuk cara masyarakat memahami realitas, termasuk praktik keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana film Bidaah merepresentasikan wacana keagamaan dan berkontribusi dalam pembentukan identitas kolektif Muslim Malaysia melalui simbol, narasi, dan praktik komunikasi Islam yang dikonstruksi secara sinematik. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode Analisis Wacana Kritis model Norman Fairclough yang memfokuskan pada tiga dimensi analisis: teks, praktik diskursif, dan praktik sosial. Teori Media sebagai Ritual dari James W. Carey digunakan sebagai landasan konseptual untuk memahami fungsi film sebagai medium pemaknaan kolektif. Data diperoleh melalui observasi film, dokumentasi transkrip dialog, dan analisis simbol visual.Hasil penelitian menunjukkan adanya dua kutub wacana yang dihadirkan dalam film, yaitu kelompok pemurni yang cenderung otoriter serta kelompok muda yang lebih kritis dan reflektif. Ritual keagamaan dalam film digunakan sebagai metafora atas dominasi simbolik yang dapat menimbulkan penyimpangan pemahaman agama apabila tidak berlandaskan nilai-nilai Islam yang substantif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinema berperan signifikan sebagai media refleksi kritis serta penguatan literasi keagamaan dalam konteks sosial-keagamaan kontemporer
References
Ahamad Nzly, A. S., & Roslam, A. R. (2024). Sejarah Ajaran Sesat Di Malaysia: Analisis Terhadap Faktor-Faktor Kemunculan Dan Langkah-Langkah Menanganinya. Applied History Journal of Merong Mahawangsa, 2, 132–143. https://doi.org/10.32890/ahjmm2024.2.9
Aji, W. T. (2025). Analisis Film Bid ’ ah Dalam Feminisme Eksistensialis. ResearchGate, 2(April), 1–11.
Astriana, A. (2018). Reperentasi Identitas Ilmaophobia dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2. Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2.
Bahri, S. (2019). Institusi Pesantren Sebagai Local-Genius Mampu Bertahan Menghadapi Ekspansi Modernisasi Pendidikan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(2), 163–180. https://doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2470
Balyan Rabaz. (2023). NARASI IKHTILAF DALAM FILM BID’AH CINTA (Studi Analisis Narasi Tzvetan Todorov). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Denilza, I. A., & Muzakir, F. (2025). Instagram sebagai Arena Wacana Empati : Analisis Wacana Kritis terhadap Respons Publik atas Kesaksian Korban Film Bid ’ ah pada Akun @ ctd . insider. 4(2), 156–170. https://doi.org/10.54259/mukasi.v4i2.4291
Erina, M. D. (2025). Serial Bidaah dari Malaysia: Ketika Agama Menjadi Alat Kuasa.
Fadhila, F. (2025). Pecahkan Rekor, “Bidaah” Jadi Drama Nomor 1.
Fairclough, N. (1995). Critical discourse analysyis:the critical study of language. Longman Publishing.
Fauziyah, S., & Nasionalita, K. (2018). Counter Hegemoni Atas Otoritas Agama Pada Film (Analisis Wacana Kritis Fairclough Pada Film Sang Pencerah). Informasi, 48(1), 79. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i1.17397
Fitri, S., & Mutiah, T. (2022). Media Pembelajaran Mata Kuliah Sinematografi Menggunakan Film Miracle In Cell No.7 Versi Indonesia. Akrab Juara, 7(4), 415–428.
Ghani, Z. A., & Rahman, S. H. A. (2023). Transforming Islamic entertainment and values in Malaysian films. Journal of Arab and Muslim Media Research, 16(1), 3–16. https://doi.org/10.1386/jammr_00053_1
Gita Batari Hermayanthi. (2021). Representasi Kekerasan Pada Anak Dalam Film Miss Baek (Analisis Representasi Stuart Hall). Tugas Akhir, 1–85. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29408
Gunawan, E. B., & Junaidi, A. (2020). Representasi Pendidikan Seks dalam Film Dua Garis Biru (Analisis Semiotika Roland Barthes). Koneksi, 4(1), 155. https://doi.org/10.24912/kn.v4i1.6880
Hall, S. (2003). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. Sage Publications.
Hani, S., & Rahman, A. (2019). Screening Islam: The representations of religion and gender in different genres of Islamic films in Malaysia. February.
Hasan, Y., Wulan, R. R., & Nurhayati, I. K. (2025). Dekonstruksi Representasi Perempuan dalam Perspektif Sutradara Film YUNI. 8, 67–84.
Hassan, F., Yusoff, S. H., Rahman, S. H. A., Hussin, R., & Sabran, R. (2020). Portraying Islamic Values in “Bisik Pada Langit” and “Adiwiraku Films.” MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 36(2), 420–428. https://doi.org/10.29313/mimbar.v36i2.6317
Izza, A. N., & Aviandy, M. (2023). Representasi Amerika Serikat dalam Animasi Миллионер (Millioner) Sebagai Bentuk Propaganda Uni Soviet pada Era Perang Dingin. Susastra: Jurnal Ilmu Susastra Dan Budaya, 12(1), 31–44. https://doi.org/https://susastra.hiski.or.id/jurnal/index.php/susastra/article/view/96
Karim, N. K. A., & Samsudin, S. M. (2024). Muslim women experiencing the production culture of the Malaysian screen industries. SEARCH Journal of Media and Communication Research, 16(2), 101–116. https://doi.org/10.58946/search-16.2.P7
Lobodally, A., & Anggaputri, S. (2023). Analisis Semiotika Fashion Harley Quinn Dalam Film Birds Of Prey. Jurnal Audience, 5(2), 250–262. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.7085
Muhammad, M. (2019). The representation of Malay-Muslim women’s identity in contemporary Malaysian cinema. Asian Journal of Media and Communication, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.20885/asjmc.vol2.iss1.art2
Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, T., Sulistyani, S., & Herman, H. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992–5002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2951
Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072
Rachman, R. F., Studi, P., Penyiaran, K., & Kubur, S. (2024). The Representation of Islamic Values in " Siksa Kubur " Movie Through Foucauldian Discourse Analysis. 9, 519–528.
Rahayu, M. (2015). Representasi Muslim Arab dalam Film-Film Hollywood; Analisis Wacana Kritis Muslim Other dalam Sinema Hollywood. Disertasi Universitas Gadjah Mada, 1.
Ramadhan, M. A., Yudhistira, R., & Muhammadi, H. N. (2021). Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Marjan Edisi Bulan Ramadhan. Jurnal Audiens, 2(2), 180–191. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11652
Rismawati, Haruna, R., & Syamun. (2020). Representasi Nilai Dakwah Pada Film Aajari Aku Islam. Jurnal Washiyah, 1(3), 601–613.
Roth, G., & Weber, M. (1976). History and Sociology in the Work of Max Weber. The British Journal of Sociology, 27(3), 306. https://doi.org/10.2307/589618
Sani., M. A. M. (2020). Islam and Religious Expression in Malaysia. ISEAS-Yusof Ishak Institute,.
Sari. (2022). Dalami Peran Miracle in Cell No. 7, Mawar de Jongh Akui Tak Bisa Imbangi Akting Park Shin Hye. Parboaboa.
Semiotika, K., Barthes, R., Indonesia, P. B., Bahasa, F. P., & Olahraga, S. (2025). ANALISIS FILM AIR MATA DI UJUNG SAJADAH BERDASARKAN. 6.
Sen, B. (2017). Information as Ritual: James Carey in the Digital Age. Cultural Studies - Critical Methodologies, 17(6), 473–481. https://doi.org/10.1177/1532708615625687
Suciartini, N. N. A. (2017). Analisis Wacana Kritis “Semua Karena Ahok” Program Mata Najwa Metro Tv Critical Discourse Analysis “Semua Karena Ahok” Mata Najwa Program in Metro Tv. Aksara, 29(2), 267–281.
Sunanto, S. N. T. (2025). Sinopsis Bidaah Serial Tentang Penyimpangan Agama yang Tayang di Viu.
Suryanto, H., & Amri, M. (2018). Film Sebagai Aset Diplomasi Budaya. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 9(2), 47. https://doi.org/10.33153/capture.v9i2.2089
Syaifullah, A. (2025). Bidaah: Dibenci Malaysia, Dicintai Indonesia.
Tazakka, M. S., Dewa, R. P., & Putro, A. A. (2020). Representasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Film (Studi Semiotika Representasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Film “Mantan Manten” Karya Farishad Latjuba). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 161. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i4.1080
Torres, C. E., Alessio, S. J. D., Stolzenberg, L., Torres, C. E., Alessio, S. J. D., & Stolzenberg, L. (2020). The Effect of Social , Verbal , Physical , and Cyberbullying Victimization on Academic Performance The E ff ect of Social , Verbal , Physical , and Cyberbullying Victimization on Academic Performance. 4886. https://doi.org/10.1080/15564886.2019.1681571
Ummah, M. S. (2019). Konsep Kebahagiaan Menurut Islam Dan Psikologi (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Erich Fromm). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wahyuningsih, S. (2019). Film dan Dakwah Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah dalam Film Melalui Analisis Semiotik (1st ed.). Media Sahabat Cendekia.
Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak (Journal of Communication), 3(1), 47–59. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1219
Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika komunikasi : Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Mitra Wacana Media.
Wijaya, A. Z., Wijaya, F. Y., Pratama, H., & Swarnawati, A. (2024). Representasi Nilai-Nilai Islam Dalam Film Siksa Neraka. KAIS Kajian Ilmu Sosial, 5(2), 87–92. https://doi.org/10.24853/kais.5.2.87-92
Yudiawan, R., & Yudiawan, R. (2018). Representasi Pesan Moral Islam Dalam Film Munafik. 2018. https://www.semanticscholar.org/paper/90048ce8125cb8ca809e898f9884d7ce7e3cab53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Farhanah Najmiah, Subkhi Ridho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
