ANALISIS PERENCANAAN KEBIJAKAN PENELITIAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG | Asro | Jurnal Perspektif

ANALISIS PERENCANAAN KEBIJAKAN PENELITIAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Muhammad Asro, Ilim Abdul Halim

Abstract


Tujuan penelitian ini antara lain, pertama,untuk mengetahui Rencana Kebijakan Penelitian berkaitan Rencana Kerja Tahunan di UIN SGD Bandung 2015-2019. Kedua, Untuk mengetahui Analisis perencanaan Kebijakan Penelitian di UIN SGD Bandung periode 2015-2019. Ketiga,Untuk mengetahui apa saja rekomendasi hasil Analisis Perencanaan Kebijakan Penelitian UIN SGD Bandung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, metode pendekatan-pendekatan analisis yuridis normatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama : sosialisasi rencana kebijakan penelitian; belum dilakukan secara masif, jarang di sosialisasikan ke dosen dan mahasiswa sebagai calon peneliti; bahwa hal-hal yang substansi dan administrasi perlu dilakukan sosialisasi lebih dini sehingga peneliti selalu ada yang memberikan catatan. Kedua, Rencana kebijakan penelitian, pada tahun tahun sebelumnya lebih mengutamakan Pemerataan Penelitian; harapanya tahun berikutnya lebih menghadirkan karya yang inovatif dan kreatif untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang. Ketiga, Sejalan dengan tujuan penelitian UIN SGD Bandung bahwa Kebijakan aplikasi; hasil-hasil rencana kebijakan penelitian sebaiknya ditindaklanjuti, dipublikasikan dan diterbitkan hasil penelitian tersebut agar bermanfaat untuk orang banyak.mewujudkan penelitian berarti turut serta mewujudkan visi dan misi UIN SGD Bandung; Keempat, Perlunya penguatan dan peningkatan kualitas pemerataan mutu kebijakan penelitian dan administrasi, kontennya pada kualitas isi dan administrasi; Kelima, Pembidangan rencana kebijakan penelitian harus segera diatur sebaik-baiknya lintas fakultas yang ada di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan gunung Djati Bandung.

Keywords


Analisis; Perencanaan Kebijakan Penelitian

Full Text:

PDF

References


Bisri, C. H , 2003. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi . Cetakan Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Suppe, F., 1977, The Structur of Scientific Theories. Chicago: University of Illinois Press.

Meleong, L., 2007, Metode Penelitian Kwalitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pabotonggi, M., 1986, Islam Antara Visi, Tradisi dan Hegemoni Bukan Muslim. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Natsir, N. F, et al., 2006, Pandangan Kelmuan UIN, Wahyu Memandu Ilmu. Bandung: Gunung Djati Press.

Nielsen, C. N., et al., 1993, Religions Of The World Third Edition. New York: ST Martin Press.

Tim Penyusun Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung, 2015, Profil, Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung.

Tim Penyusun Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung, 2015, Outlook Penelitian Dosen Tahun 2010-2015, Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung.

Tim Penyusun Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung, 2015, Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIP-P) tahun 2015-2019, Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung.

Tim Penyusun Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung, 2015, Rencana Strategis 2015-2019, Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung.

Tim Penyusun Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung, 2015, Manual Prosedur dan Instruksi Kerja. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung.

Tim Penyusun Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung, 2015, Pedoman Penjaminan Mutu Penelitian. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Bandung.

Jamil, S., 2009, The Challenge of Establishing World-Class Universities. Washington: The World Bank.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v1i2.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Perspektif is indexed By: