sex deneme bonusu deneme bonusu porn porn porn porn porn porn porn onwin casino siteleri
Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak | Feranina | Jurnal Perspektif

Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak

Tresna Mega Feranina, Cucu Komala

Abstract


Penanaman karakter religius dalam menghadapi tantangan kehidupan modern sangatlah urgen. Terwujudnya sinergi antara rumah (keluarga), sekolah, dan masyarakat menjadi syarat dalam pendidikan karakter sehingga dapat menimbulkan dampak multidimensi. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif mendeskripsikan tentang sinergitas peran orang tua dan guru dalam pendidikan karakter anak atau siswa pada sekolah dasar. Mengkaji tentang bagaimana membangun sinergi antara peran orang tua dan guru khususnya dalam pengembangan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergitas peran orang tua dan guru dalam membangun pendidikan karakter anak sangat dibutuhkan melalui komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, berbagi peran, memiliki satu visi tentang membentuk karakter anak, penanaman akhlak melalui kegiatan pembelajaran keagamaan salah satunya program tahsin dan tahfidz yang dapat membentuk adab seorang muslimyang sesuai Al-qur’an dan Sunnah, cerdas dalam berfikir dan baik dalam bersikap

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Astuti, A. D. (2020). The Strategy of Principal in Instilling Religious Character in Muhammadiyah Elementary School. European Educational Researcher, 3(2), 67–85.

Aziz, A. A. (2021). Analysis Of Literature Review On Spiritual Concepts According To The Perspectives Of The Al-Quran, Hadith And Islamic Scholars. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(9), 3152–3159.

Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Gramedia Pustaka Utama.

Dedih, U. (2018). Adolescent Moral Development in Families. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 63–76.

Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., & Melina, J. O. (2019). Perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah hubungannya dengan perilaku mereka di lingkungan sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 1–19.

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431.

Fauzi1, C., Sari, S. M., KartikaWaruwu, W. A., Putra4, H., & Dewi5, R. (2019). Community Character Education Society 5.0 and Future Management. IC2RSE2019, 597.

Handayani, F., & Hasanah, A. (2020). Model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masa pandemi. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2), 145–156.

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81.

Ikhwan, A. (2017). Development Of Quality Management Islamic Education In Islamic Boarding School (Case Study Madrasah Aliyah Ash Sholihin). Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 1(1), 91–117.

Irodati, F. (2022). CAPAIAN INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–55.

Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik.

Manullang, S. O., Mardani, M., & Aslan, A. (2021). The Effectiveness of Al-Quran Memorization Methods for Millennials Santri During Covid-19 in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 195–207.

Natsir, N. F., Aisyah, A., Hasbiyallah, H., & Ihsan, M. N. (2018). Mutu pendidikan: Kerjasama guru dan orang tua. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311–327.

Ramadhan, O. M., Hasbiyallah, H., & Supiana, S. (2021). Relaksasi Beban Kerja Guru PAI melalui Upaya Bimbingan Akhlak Siswa pada Masa Covid-19. DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(2), 159–175.

Ramadhani, N. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN KEBERAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 73 KOTA PRABUMULIH.

Rusyd, R. M. I. (2019). Panduan Praktis & Lengkap Tahsin, Tajwid, Tahfiz Untuk Pemula. Laksana.

Sari, D. P. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling, 1(1), 1–24.

Shofwan, I., Tri, J., Raharjo, A., Rifai, R., Fakhruddin, F., Sutarto, J., Utsman, U., Arbarini, M., Suminar, T., & Mulyono, S. (2019). Non-formal learning strategy based on tahfidz and character in the primary school. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1987–1992.

Sugilar, H., Dedih, U., Anwar, C., & Darmalaksana, W. (2020). Analisis Kemampuan Tahsin dan Tahfizh Mahasiswa Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 1–12.

Susianti, C. (2017). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 1–19.

Talaue, G. M., AlSaad, A., AlRushaidan, N., AlHugail, A., & AlFahhad, S. (2018). The impact of sosial media on academic performance of selected college students. International Journal of Advanced Information Technology, 8(4/5), 27–35.

Ulumiyah, M., Maarif, M. A., & Zamroni, M. A. (2021). Implementation of the Tallaqi, Tafahhum, Tikrar and Murajaah (3T+ 1M) Method in the Tahfidz Istana Palace Learning Program. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 23–33.

Warsita, B. (2018). Teori belajar robert m. Gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar. Jurnal Teknodik, 12(1), 064–078.

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16–31.

Zubaedi, D. P. K. (2011). Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zubaedi, Z., Utomo, P., & Musofa, A. A. (2021). Perilaku Sosial Masyarakat Bengkulu terhadap Penggunaan Media Sosial sebagai Diseminasi Informasi, Bimbingan Pribadi-Sosial dan Deradikalisasi. Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 193–202.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i1.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: