Penggunaan 3D Grapher Dalam Pembelajaran Matematika Geometri | Rahman | Jurnal Perspektif

Penggunaan 3D Grapher Dalam Pembelajaran Matematika Geometri

Iffa Hanifah Rahman, Yaya S. Kusumah, Aan Hasanah

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi berbagai sector kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan yang ditandai dengan munculnya berbagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon siswa dalam pembelajaran matematika geometri menggunakan media pembelajaran yaitu aplikasi 3D Grapher. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII disalah satu SMP di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa senang belajar matematika, memiliki antusiasme, dan kemuauan belajar saat menggunakan 3D Grapher serta 3D Grapher juga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Sehingga aplikasi 3D Grapher ini dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran matematika geometri di sekolah

References


Akmal, N. (2022). Software Wingeom: Alternatif Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi , Vol. 6, No. 1, doi: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4106.

Ameliana, Y., Rosyana, T., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software GeoGebra. PRISMA, 230-239, Vol. 11, No. 1, doi: ttps://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127.

Anthony, M., & Walshaw, G. (2009). Characteristics of effective teaching of mathematics: a view from the west. Journal of Mathematics Education, Vol. 2 No. 2.

Devadoss, A. V. (2013). Education Leads to Happiness Using Automata Theory. International Journal of Business Intelegents (IJBI), Vol. 2.

Fauziah, S. H. (2019). Analisis jenis kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal Persamaan Diferensial: Studi kasus di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Skripsi S1, UIN Sunan Gunung Djati Bandung: tidak diterbitkan.

Fitriyani, W., & Sugiman. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran teorema pythagoras dengan pendekatan ideal berbantuan geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2.

Fu'ad, M. (2013). Pembelajaran Geometri Berbantuan Wingeom melalui Model Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.

Herawati, T., & Hidayati, W. S. (2022). Analisis Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, Vol. 5, No. 1, doi: https://doi.org/10.31539/judika.v5i1.3702.

Junianto, D., & Warigan. (2013). The Influence Of Teacher’s Teaching Performance, Parents’ Involvement, Self-Actualization, And Achievement Motivation Toward Achievement. Jurnal Pendidikan Vokasi, 307-319.

Kariadinata, R. (2010). Kemampuan Visualisasi Geometri Spasial Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kelas X melalui Software Pembelajaran Mandiri. Bandung: State Islamic University Bandung.

Kusmatuti, Supartono, & Dwijanto. (2013). Pembelajaran Bercirikan Pemberdayaan Kegiatan Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), Vol. 2 No. 1.

Kusnadi, F. N. (2020). Peningkatan kemampuan spasial siswa SMP melalui pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 17 Bandung. Skripsi S1, UIN Sunan Gunung Djati Bandung: tidak diterbitkan.

Muthmainnah, & Imran, R. (2016). Analisis Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Sosiologi Di Kelas X Mas Al-Jihad Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 5 No. 11.

Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Jurnal Tadris Matematika, Vol. 10, No. 1.

Naya, I. G., Wibawa, K. A., & Puspadewi, K. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Geogebrapada Topik Kubusdan Balok Untuk Siswa Kelas VIII. Prosiding MAHASENDIKA 2022, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati Denpasar, 124-138.

Nurdiansyah, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Spasial Dan Penurunan Kecemasan Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Tutorial Berbasis 3D GRAPHER. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.

Oswald, A. J. (2014). Happiness and Productivity. JOLE, Vol. 3 No. 1.

Purwaningrum, J. P. (2016). Respon Siswa Sd Terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Volum Balok Dan Kubus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 1, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950.

Sugilar, H. (2020). Multimedia matematika di era digital. In Prosiding-Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung (pp. 442-451)

Susilawati, W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2017). The improvement of mathematical spatial visualization ability of student through cognitive conflict. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(2), 155-166.

Wibowo, A. P., Nur'aeni, E., & Muharram, M. W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 9, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i1.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: