MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA (PTKIS)
Abstract
Tujuan, penelitian ini untuk mengungkap manajemen mutu pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan objek penelitian salah satu PTKISa di Kota bandung dan Kabupaten Garut. Adapun teknik yang diterapkan dalam pengumpulan data ini yakni melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan peneliti, dalam tahap perencanaan terdapat beberapa tahapan kebijakan yang ditempuh: Penataan, Penertiban, dan Penguatan Kelembagaan; Standarisasi Akademik Perguruan Tinggi Agama Islam; Peningkatan Mutu dan Kesejahteraan Dosen (Peningkatan Kualifikasi dan Sertifikasi), pengembangan Program Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, pengembangan Program Bidang Ketenagaan, pengoptimalan Program Bidang Bantuan. dalam Pelaksanaan Manajemen Mutu : Membangun Strategi Pengembangan, Menciptakan trust dan confidence untuk stakeholder, Membangun competitive advance centres, Mengembangkan ICT (Information and Communication Technology), Membangun profesionalisme, menjamin kualitas dan menjaga hubungan baik dengan stakeholder, Membangun kerjasama dengan institusi lain, mengembangkan komitmen ke-Islaman pada Civitas akademika. Evaluasi yang digunakan untuk adalah terdiri dari: penilaian konseptual yang dapat dikembangkan meliputi: Pengembangan keilmuan; model konseptual perencanaan strategik pengembangan mutu akademik, konsep manajemen mutu, dan konsep manajemen mutu berbasis Qur'ani.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2001
Anwar,I. (2004), Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Abbas, S. (2008), Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana
Ahmadi, (2005), Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar,
Arifin, M (2006), Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama
, Jakarta: PT. Golden Trayon Press
Depdiknas.(2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas
Dryden, Gordon dan Vos Jeannete, (2003), Revolusi Cara Belajar, Bandung: Mizan Media Utama.
Fattah, Nanang,(1999), Landasan Manajemen Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
_________.(2002), Ekonomi dan Pendanaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hardjosoedarmo, Soewarso. 2004. Total Quality Management. Penerbit Andi : Yogyakarta
Hajanto. (2005), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hasibuan, M.(2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2005), Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung, Sinar Baru Al-Gesindo.
Haludi, K dan abdirrohim. 2007. Integrasi Budi Pekerti dalam Pendidikan Agama Islam. Solo: Tiga Serangkai.
Hanif, A. (2008), Manajemen Penjaminan Perguruan Tinggi di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
Imam Machali dan Adhi Setiyawan 2010.(ed), Antologi Kependidikan Islam, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah.
Iskandar. (2008), Metodolodi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif), Jakarta: Gaung Persada Press.
Indrajat, E. (2006), Manajemen Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Andi
Muqodim, (2006) Manajemen Perubahan Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Ekonosia
Mulyasa, E. (2007), Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E.(2002), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasana, D. (2012), Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution M.N. M.Sc,. (2001). Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management, Penerbit Ghalia Indonesia.Jakarta
Oemar hamalik 2007. Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nasution. (2002) Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito
Permadi, D. (2001), MBS dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah, Bandung: Sarana Panca Karya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses,
Ridwan. (2004), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta
Sagala, S. (2005), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
______ (2006), Total Quality Management, Kogan Page Ltd, London
Sam, T. (2005), Kebijakan Pendidikan Era Otda, Jakarta: Raja Grafindo
Sergovani (2005), Organization, behavior, process, London, Kogan Page.
Siagian, S. (2000), Manajemen Abad 21, Jakarta: Bumi Aksara
Sukmadinata, N. (2006), Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah, Bandung: Refika Aditama.
Suparno, Paul. (2008). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Syafaruddin.( 2002), Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Tampubolon, Daulat.P. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu (Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tilaar, HAR. (2002), Pendidikan Hanya Dimiliki Oleh Pemerintah Dengan Birokrasinya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bandung
Thomas.(2000), Tipe Skema Klasifikasi dalam Anggaran, Trigenda. Bandung
Fandi Tjiptono, (2001), Kualitas jjasa : Pengkuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia No. 03 Maret, 2001, Jakarta
Umiarso dan Imam Gojali, (2011). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan; ‘menjual’ mutu pendidikan dengan pendekatan quality control bagi pelaku lembaga pendidikan, Yogyakarta: Ircisod
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v3i1.40
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By: