Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses abstraksi siswa kelas XI IPA SMA dalam memahami materi berdasarkan teori Van Hiele. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang didapatkan dari lima tahap abstraksi matematis berdasarkan teori Van Hiele bahwa kemampuan siswa hanya pada tahap 0 sampai tahap 2, sedangkan untuk tahap 3 dan tahap 4 tingkat berpikir siswa kelas XI IPA masih kesulitan dalam membuktikan suatu konsep dan pada tahap ini juga merupakan tahap berpikir yang tinggi, rumit dan kompleks. Simpulan, kemampuan abstraksi matematis siswa kelas XI IPA 3 salah satu SMA di Bandung dalam memahami dan menyelesaikan soal kemampuan abstraksi matematis berdasarkan Teori Van Hiele perlu ditingkatkan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By: