Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Matematika Realistik

Ismiyati Ismiyati, T. Tutut Widiastuti A, Asep Suratman

Abstract


Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dalam membuat suatu model dari suatu masalah ke dalam bentuk baru baik secara verbal, tulisan, tabel, ataupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan representasi matematis pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel dengan pengkategorian tingkat kemampuan representasi matematis tinggi, sedang dan rendah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi kasus . Berdasarkan temuan penelitian ini, siswa dengan kemampuan kategori tinggi dapat menyelesaikan tiga indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual dalam bentuk gambar yang diukur dengan menggunakan indikator. Siswa menggambar (garis bilangan) untuk membantu mereka memecahkan masalah, mengilustrasikan persamaan atau ekspresi matematika, diukur menggunakan model matematika dari representasi lain yang diberikan dan penyelesaian masalah menggunakan ekspresi matematika, representasi kata-kata yang diukur menggunakan pertanyaan yang menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Siswa pada tingkat sedang dapat mengartikan dua indikator tetapi belum mahir menggambar garis bilangan. Untuk siswa pada kategori tingkat rendah hanya mampu menyelesaikan dua indikator saja dan masih belum dikatakan sempurna dalam dua indikator tersebut dan juga tidak mampu menuliskan langkah-langkah dengan baik dan benar dan masih mengalami kesulitan dalam memahami masalah. Saran peneliti bagi guru adalah upayakan guru berusaha memberikan metode yang sesuai agar dalam penyampaian materi siswa bersemangat

Keywords


Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dalam membuat suatu model dari suatu masalah ke dalam bentuk baru baik secara verbal, tulisan, tabel, ataupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan representasi matematis



DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: