Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Matematika Realistik

Authors

  • Ismiyati Ismiyati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • T. Tutut Widiastuti A UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Asep Suratman SMAN 1 Cicalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.279

Keywords:

Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dalam membuat suatu model dari suatu masalah ke dalam bentuk baru baik secara verbal, tulisan, tabel, ataupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan representasi matematis

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dalam membuat suatu model dari suatu masalah ke dalam bentuk baru baik secara verbal, tulisan, tabel, ataupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan representasi matematis pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel dengan pengkategorian tingkat kemampuan representasi matematis tinggi, sedang dan rendah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa studi kasus . Berdasarkan temuan penelitian ini, siswa dengan kemampuan kategori tinggi dapat menyelesaikan tiga indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual dalam bentuk gambar yang diukur dengan menggunakan indikator. Siswa menggambar (garis bilangan) untuk membantu mereka memecahkan masalah, mengilustrasikan persamaan atau ekspresi matematika, diukur menggunakan model matematika dari representasi lain yang diberikan dan penyelesaian masalah menggunakan ekspresi matematika, representasi kata-kata yang diukur menggunakan pertanyaan yang menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Siswa pada tingkat sedang dapat mengartikan dua indikator tetapi belum mahir menggambar garis bilangan. Untuk siswa pada kategori tingkat rendah hanya mampu menyelesaikan dua indikator saja dan masih belum dikatakan sempurna dalam dua indikator tersebut dan juga tidak mampu menuliskan langkah-langkah dengan baik dan benar dan masih mengalami kesulitan dalam memahami masalah. Saran peneliti bagi guru adalah upayakan guru berusaha memberikan metode yang sesuai agar dalam penyampaian materi siswa bersemangat

Published

2024-05-30

How to Cite

Ismiyati, I., Widiastuti A, T. T., & Suratman, A. (2024). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Perspektif, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.279

Citation Check

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.