Analisis Dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Materi Proses Osmosis Berdasarkan Struktur Diagram Vee

Rina Karwatisari, Bambang Supriatno, Amprasto Amprasto

Abstract


Kegiatan praktikum dalam suatu pembelajaran biologi merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Konsep osmosis merupakan konsep dasar atau konsep prasyarat yang perlu dipahami siswa karena merupakan konsep dasar untuk mempelajari konsep selanjutnya Konsep osmosis akan optimal dipahami siswa jika pembelajaran menggunkan metode praktikum. Permasalahan yang muncul dalam suatu kegiatan praktikum salah satunya adalah DKL (Desain Kegiatan Laboratorium) yang digunakan guru belum mampu mengkonstruk pengetahuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mempelajari LKPD / DKL osmosis yang menggunakan telur ayam dengan menggunakan instrumen analisis DKL yang dikembangkan oleh Novak-Gowin menggunakan Diagram Vee, kemudian melakukan perancangan rekonstruksi LKPD / DKL osmosis tersebut atas temuan hal-hal yang dirasa harus diperbaiki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, dan memperoleh satu DKL dari buku panduan praktikum biologi kelas XI MIPA pada salah satu sekolah jenjang menengah atas. Pemilihan teknik sampling ini membuat peneliti fokus terhadap satu DKL dalam menganalisisnya. Penelitian ini mengikuti langkah-langkah ANCOR (Analisis, Coba, dan Rekonstruksi) yang dikembangkan oleh Supriatno (2013). Pada tahap analisis, DKL dianalisis dan dinilai berdasarkan instrumen praktikum Novak & Gowin (1984). Hasil penelitian menunjukan bahwa skor yang diperoleh DKL tersebut adalah 44% dengan kriteria cukup yang berarti DKL tersebut membutuhkan perbaikan, karena idealnya suatu DKL yang digunakan dalam suatu kegiatan praktikum memiliki kriteria sangat baik. DKL hasil rekonstruksi menurut peseta didik lebih logis, terarah dan mampu membuat siswa memahami tujuan praktikum karena DKL hasil rekonstruksi selain mengalami perbaikan pada alat adan bahan juga dibuat dengan mencantumkan pertanyaan fokus dan pertanyaan-pertanyaan diskusi yang mampu mengkonstruk pengetahuan peserta didik. 


Keywords


Osmosis, Diagram Vee, Praktikum, Desain Kegiatan Laboratorium.

References


Aisya, S. M., Nura, Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology, 13(1), 112–117. https://jur nal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5670

Anggraeni, P., Supriatno, B., Gusti, U. A.. (2023). Analisis Kualitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Diagram Vee pada Praktikum Materi Plasmolisis. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. 6(1). 27-34. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima

Brown, H. D., Miller, S. E., & Williams, J. K. (2023). Contextual Learning in Biology: Bridging the Gap Between Theory and Practice. International Journal of Science Education, 45(2), 178-193.

Campbell, et.al.. (2008). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1. Erlangga. Jakarta. Indonesia

Caglak, S. (2017). Does hands-on science practices make an ımpact on achievement in science? A meta-analysis. In Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH) (Vol. 3, Issue 1). www.jeseh.net

Capah, J., & Fuadiyah, S. (2021). Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum Pada Materi Sel Menggunakan Diagram Vee. Journal For Lesson And Learning Studies, 4(2), 238–245. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jlls/Article/View/38271

Faidah, S. T. R., Rohimah, T. R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis dan Rekonstruksi Kegiatan Laboratorium: Pengaruh Konsentrasi Karbondioksida pada Laju Fotosintesis Hydrilla Verticilata. Jurnal Basicedu, 6(5), 8493–8505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3634

Hasni, A., Roy, P., & Dumais, N. (2016). The Teaching and Learning of diffusion and osmosis: What can we learn from analysis of classroom practices? A case study. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 1507–1531. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1242a

Huda, I.Z.N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan (The Comformity Analysis of Worksheets using an Ancor Method in The Practical Work of Plasmolysis Observation in Plant Cells). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 06(04). 550 – 561. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Irnaningtyas. (2017). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Istawa, R., Supriatno, B., Anggraeni, S.. (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee (An Analysis of the Quality of Bone Structure Student Worksheets Based on the Vee Diagram). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 06 (04). 434-441. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Johnson, K. R., & Thomason, B. T. (2021). Motivational Impacts of Hands-On Science Experiments in the Classroom. Science Education International, 32(1), 45-58.

Kurniasih, W., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Alternatif Lembar Kerja Peserta Didik Materi Osmosis Berbasis ANCORB. BIODIK, 6(3), 266–280. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9451

Millar, Robin. (2004). “The Role of Practical Work in the Teaching and Learning of Science.” New York

Münkel-Jiménez, M., Bonilla-Araya, M., Grey-Pérez, A. D., & Herrera-Sancho, O. A. (2020). Awaking Interest in Science Learning: Hands-On Photosynthesis Demonstrations Using Elodea canadensis and Spinacia oleracea. Journal of Chemical Education, 97(2), 457–461. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00216

Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Biodik, 6(2), 187–199. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9439

Novak, Joseph D., and D. Bob Gowin. (1984). Learning How To Learn. New York: Cambridge University Press.

Oztas, F. (2014). How do High School Students Know Diffusion and Osmosis? High School Students’ Difficulties in Understanding Diffusion & Osmosis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3679–3682. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.822

Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. BIODIK, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441

Rosdiana, P., et. al. (2016). Analisis Daya Dukung Laboratorium IPA-Biologi dalam Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pembelajaran Biologi di MA Nurul Hikmah Haurgeulis. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains. 5 (1): 78-. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatiaformoreinformation:sceducatia@gmail.com

Reinke, N. B., Kynn, M., & Parkinson, A. L. (2019). Conceptual Understanding of Osmosis and Diffusion by Australian First-year Biology Students. In International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education (Vol. 27, Issue 9).

Sedumedi, T. D. T. (2017). Practical work activities as a method of assessing learning in chemistry teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 1765–1784. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00697a

Siregar, N. F., Sholihah, R. N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Alternatif Bermuatan Literasi Kuantitatif pada Praktikum Fotosintesis Ingenhousz. Jurnal Basicedu, 6(4), 7532–7543. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3568

Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Disertasi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan

Supriatno, Bambang. (2018). “Praktikum Untuk Membangun Kompetensi.” Proceeding Biology Education Conference 15(1):1–18

Widodo, Ari. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar-Dasar Untuk Praktik. edited by M. Iriany. Bandung: UPI Press.

Tanfiziyah, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2021). Analysis and Reconstruction Design of Laboratory Activities in Osmosis Materials. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 115. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v3i2.4570

Yusni, D., & Supriatno, B. (2023). Analisis, Uji Coba, dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Sel untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Basicedu, 7(3), 1493–1506. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5340

Zidan, Z., & Bambang Supriatno, B. S. (2023). Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Mitosis Akar Bawang Merah (Allium cepa) melalui Model ANCOR. BIODIK. 9(3), 37–49. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.25469




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: