Eksplorasi Etnomatematika Islamic Center Tulang Bawang Barat

Arina Manasikana, Muhammad Saidun Anwar, Agus Setiawan, Choirudin Choirudin, Rani Darmayanti

Abstract


Islamic Center Tulang Bawang Barat merupakan salah satu Islamic Center kebanggaan masyarakat Lampung khususnya masyarakat Tulang Bawang Barat. Selain bentuk bangunannya yang unik, Islamic Center ini juga menerapkan nilai estetika dari adat dan budaya masyarakat Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menggali unsur filosofi dan konsep matematika yang terdapat pada Islamic Center tersebut, hal ini sebagai upaya memudahkan siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui pendekatan budaya, khususnya dalam memahami materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument, dimana dalam hal ini peneliti berperan sebagai instrumen utama sehingga peneliti harus berhubungan secara langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung kepada sumber yang terpercaya. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Balai Sessat Agung Bumi Gayo dibuat dengan desain horizontal yang menggambarkan hubungan antar manusia dan Masjid Baitus Shobur didesain vertikal menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Konsep dasar dalam desain bangunan Masjid Baitus Shobur adalah penggunaan angka-angka dalam ajaran Islam. Unsur-unsur bangunan pada Islamic Center Tulang Bawang Barat memuat konsep Geometri bidang dan geometri ruang yang dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran matematika.

Keywords


Eksplorasi; Etnomatematika; Islamic Center Tulang Bawang Barat

References


Amaris, J. V. (2019). Analyzing The Essence Between Ceremonial Space With Islamic Center Mosque Expression in West Tulang Bawang. Riset Arsitektur (RISA), 3(02), 138–155. https://doi.org/10.26593/risa.v3i02.3276.138-155

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. Journal Elmentary Education, 1.

Bagas Sanyoto, Dafid Slamet Setiana, & Denik Agustito. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Masjid Agung Mataram Kotagede. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 297–308. http://dx.doi.org/10.30738/union.v9i3.9522

Dewi, F. C., Nurfithriyya, A., Susiana, S., Rakhmawati, R., & Anggoro, B. S. (2019). Etnomatematika Eksplorasi Tapis Lampung Sebagai Sumber Belajar Dalam Upaya Melindungi Warisan Budaya Lampung. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 61–68. https://doi.org/10.32665/james.v2i2.74

Fathani, A. qodir. (2016). Ensiklopedi Matematika. Ar-Ruzz Media.

Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734

Izah, S. J. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. 01(01), 15.

Kamarusdiana, K. (2019). Studi Etnografi Dalam Kerangka Masyarakat Dan Budaya. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 113–128. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.10975

Muh. Fitrah & Luthfiyah. (2018). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. CV Jejak.

Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Penguat Karakter Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5.

Sanyoto, B., Setiana, D., & Agustito, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan MAsjid Agung Mataram Kotagede. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 297–308. https://doi.org/10.30738/union.v9i3.9522

Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba. 6, 6.

Sri Ipnuwati, Oktria Silviani, & Wulandari. (2018). Aplikasi E-Tourism Tempat Ibadah dan Wisata Islamic Center Tulang Bawang Barat. Explore-Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 9(1), 53–61.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyanto, A. & Miftahudin. (2019). Explore Matematika Jilid 3. Penerbit Dua.

Zaenuri, Dedi Muhtadi, Nurina Hidayah, Rini Utami, Ni Kadek Dianita, Hamidah, Darto, Vita Istihapsari, & Jaka Wijaya Kusuma. (2021). Etnomatematika Nusantara. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v7i1.216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: