PEMBELAJARAN TABLIGH MODAL KEMAMPUAN DAKWAH SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v4i1.60Keywords:
Tabligh, DakwahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan dakwah santri yang berbeda-beda dalam menyampaikan materi dakwahnya, baik dalam hafalan dalil Al-Quran, cara memahami ayat Al-Quran, ataupun cara dalam menyampaikan kepada pendengarnya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui realitas pembelajaran tabligh, realitas kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah dan realitas efektivitas pembelajaran tabligh terhadap kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasi dengan menggunakan pengambilan data berupa observasi, wawancara dan angket kepada 65 santri. Pembelajaran tabligh dan kemampuan dakwah berkategori cukup baik, pembelajaran tabligh ini memberikan efektivitas 72% terhadap kemampuan dakwah santri.
References
Alhidayatillah, N. (2017). Dakwah Dinamis di Era Modern (Pedekatan Manajemen DAkwah). An-Nida’ Jurnal Pemikiran Islam, 41(2), 102–121. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/4658
Ali, H. B. (2014). Tugas dan Fungsi Dakwah dalam Pemikiran Sayyid Quthub. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 128. https://doi.org/10.24252/jdt.v15i1.343
Arikuto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hanafi, R. H. (2019). Desain Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Aplikasi Android PAda Siswa Kelas XI PS dan XI TN SMK Muhammadiyah Somagede-Banyumas. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 88–104. https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.3096
Maryatin. (2014). Efektifitas Metode Ceramah dalam Penyampaian Dakwah Islam. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 103–121. https://doi.org/10.21580/jid.v34.1.66
Masyitah, A. (2017). Implementasi Program Tafhimul Quran dengan Metode Manhaji (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/9498/
Nurlhaq, D., Fikri, M., & Syafaatunnisa, S. (2019). Etika guru PAI menurut Imam Nawawi (analisis ilmu pendidikan Islam). ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/4682
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, H. M. (2020). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1). https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.5216
Zain, I. A., & Husen, M. (2019). Dampak Pendidikan Masyarakat Pada Perubahan Akhlak Remaja. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 128–132. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/2910
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).