Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Akhlak Siswa di Sekolah | Fikri | Jurnal Perspektif

Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Akhlak Siswa di Sekolah

Miftahul Fikri, Nurhamzah Nurhamzah, Shofia Limas Erintania

Abstract


Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan melalui observasi didapat data bahwa penggunaan media sosial Instagram dikalangan siswa cukup banyak, dimana dari 135 siswa, 74 orangnya aktif menggunakan media sosial Instagram. Kemudian dari hasil wawancara mengenai akhlak siswa di sekolah, peneliti mendapatkan informasi kurang baik, dimana banyak siswa yang sering asik memainkan smartphone tanpa memperhatikan sopan santun di lingkungan  sekitar dan membuka smartphone saat jam pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan Instagram dengan akhlak di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dan alat penelitiannya berupa angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Intensitas siswa terhadap penggunaan media sosial instagram termasuk kategori tinggi, dimana nilai rata-rata sebesar 3,50 berada pada interval 3,40 – 4,19; (2) Realitas akhlak mahmudah siswa di sekolah dari hasil perhitungan statistik termasuk kategori tinggi, nilai rata-rata sebesar 3,98 berada pada interval 3,40 – 4,19; (3) Hubungan antara keduanya koefisien korelasinya adalah 0,227. Angka tersebut berada pada rentang 0,200 – 0,399 dengan kualifikasi rendah;  (4) Besarnya pengaruh intensitas siswa terhadap penggunaan media sosial Instagram hubungannya dengan akhlak mahmudah mereka di sekolah mempunyai pengaruh sebesar 5,2% dan sisanya 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Based on a preliminary study conducted through observation, it was found that the use of Instagram social media among students is quite a lot, where out of 135 students, 74 people actively use Instagram social media. Then from the results of interviews regarding the morals of students at school, researchers get bad information, where many students are often cool to play smartphone without regard to the manners in the surroundings and opened up smartphone during class time. From this, researchers are interested in seeing the relationship between the two. The research method used is quantitative, and the research tools are questionnaires, interviews and observations. Then the results of the study show that: (1) The intensity of students towards the use of Instagram social media is included in the high category, where the average value of 3.50 is in the interval 3.40 – 4.19; (2) The reality of student morals at school from the results of statistical calculations is included in the high category, the average value of 3.98 is in the interval 3.40 – 4.19; (3) The relationship between the two correlation coefficient is 0.227. This figure is in the range of 0.200 – 0.399 with low qualifications; (4) The magnitude of the influence of students' intensity on the use of Instagram social media in relation to their mahmudah morals at school has an influence of 5.2% and the remaining 94.8% is influenced by other factors.


Keywords


Instagram; Media; Morals; Social; Student

References


Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(2), 130–139.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bilqis, L. A. (2020). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan prestasi belajar PAI terhadap tingkat religiusitas: Penelitian di kelas IX SMP Negeri 1 Solokanjeruk. UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

Dimas Jarot Bayu. (n.d.).

Fauzan, F. A., Hasbiyallah, H., & Fikri, M. (2022). The Creativity of Islamic Religious Education Teachers for Effective Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(2), 120–132. https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18196

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp ditengah pandemi covid-19 dikalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 41–57.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693

Munir Amin, S. (2019). Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.

Sahnan, A. (2019). Konsep akhlak dalam Islam dan kontribusinya terhadap konseptualisasi pendidikan dasar Islam. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 99–112.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v7i1.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: