NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH NABI AYUB AS., (TAFSIR Q.S. SHAD AYAT 41-44)
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v2i1.22Keywords:
Nilai, Pendidikan, Nabi Ayub As, Al-Qur’anAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai-nilai
pendidikan secara umum; pendapat para mufassir tentang Q.S.
Shad ayat 41-44 3) Nilai-nilai pendidikan dalam kisah Nabi Ayub
As. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan teknik
pengumpulan data Library Research serta metode deskriptif
Teknik pengumpulan data dokumentasi. Adapun sumber data
dokumen yang dapat diperoleh dari lapangan berupa buku, arsip,
majalah, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan fokus
penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai
merupakan suatu konsep keyakinan seseorang terhadap sesuatu
yang dipandang berharga olehnya yang mengarahkan kepada
tingkah laku seseorang dalam kehidupannya sehari-hari sebagai
makhluk hidup yang bermasyarakat, dan menjadikannya dasar
keyakinan dalam bertindak untuk menentukan apakah tindakan itu
benar atau salah; Tafsiran Q.S. Shad ayat 41-44 merupakan suatu
ikhtilaf para ulama tafsir yang memiliki perbedaan penafsiran
terhadap Q.S. Shad ayat 41-44 yang menjabarkan tentang kisah
Nabi Ayub As; Nilai Pendidikan yang dapat diambil dari Q.S.
Shad ayat 41-44 yakni: penghambaan diri kepada Allah, sikap
ketergantungan kepada Allah, Larangan mengingkari janji, serta
kesabaran dalam menghadapi ujian.
References
Abdul Latif . 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung:
Reflika Aditama.
Abu Al-Fida Muhammad Ali Ashobuni. 1986. Tafsir Ibnu Katsi. Jakarta:
Gema Insani
Abudin Nata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
Ahmad Musthafa Al-Maraghi. 1993. Tafsir Al-Maraghi Jilid 23. Semarang:
Toha Putra.
Ahmad Syadali dan Rofi’I. 1997. Ulumul Qur’an. Bandung: CV. Pustaka
Setia
Ahmad Tafsir.1993. Metode Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja
Rosda Karya
Ahmad Tafsir. 2008. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Hamka. 2015. Tafsir Al-Azhar, Depok: Gema Insani.
Hasbi Asy-Shiddieqy. 1980. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan
Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang.
Muhammad Baqir Hakim. 2006. Ulumul Qur’an. Jakarta: Al-Huda.
M. Quraish Shihab. 2000. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
M. Rasyid Ridha. Tafsir Al-Qur’an Al-Hakim, Tafsir Al-Manar Juz VII,
Beirut: Dar Al-Fikr.
M. Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2012. Landasan Pendidikan Konsep
dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
M. Suyudi. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Yogyakarta:
Mikraj.
Manna’ Khalil Al-Qathan. Studi Ilmu Al-Qur’an Terjemah Mudzakir
Nilai-nilai Pendidikan dalam Kisah Nabi Ayub ...
Jurnal Perspektif 74
Vol. 2 No. 1 Mei 2018
Omar Mohammad Al-Thoumi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta:
Bulan Bintang.
Ramayulis. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Rosihon Anwar. 1999. Sentuhan-Sentuhan Sufistik Penuntun Jalan Akhirat.
Bandung: Pustaka Setia.
Salim, H. (1985). Sejarah 25 Nabi dan Rasul, Bandung: Makmur
Sudarto. 1995 . Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo.
Sudirman. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Sutarjo Adisusilo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter, Bandung: Rajawali
Pers.
Undang Burhanudin. 2015. Modul Tafsir I dan Pembelajarannya, Bandung.
Zakiah Daradjat . 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).