NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH NABI AYUB AS., (TAFSIR Q.S. SHAD AYAT 41-44) | Suntiah | Jurnal Perspektif

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH NABI AYUB AS., (TAFSIR Q.S. SHAD AYAT 41-44)

Ratu Suntiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai-nilai
pendidikan secara umum; pendapat para mufassir tentang Q.S.
Shad ayat 41-44 3) Nilai-nilai pendidikan dalam kisah Nabi Ayub
As. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan teknik
pengumpulan data Library Research serta metode deskriptif
Teknik pengumpulan data dokumentasi. Adapun sumber data
dokumen yang dapat diperoleh dari lapangan berupa buku, arsip,
majalah, serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan fokus
penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai
merupakan suatu konsep keyakinan seseorang terhadap sesuatu
yang dipandang berharga olehnya yang mengarahkan kepada
tingkah laku seseorang dalam kehidupannya sehari-hari sebagai
makhluk hidup yang bermasyarakat, dan menjadikannya dasar
keyakinan dalam bertindak untuk menentukan apakah tindakan itu
benar atau salah; Tafsiran Q.S. Shad ayat 41-44 merupakan suatu
ikhtilaf para ulama tafsir yang memiliki perbedaan penafsiran
terhadap Q.S. Shad ayat 41-44 yang menjabarkan tentang kisah
Nabi Ayub As; Nilai Pendidikan yang dapat diambil dari Q.S.
Shad ayat 41-44 yakni: penghambaan diri kepada Allah, sikap
ketergantungan kepada Allah, Larangan mengingkari janji, serta
kesabaran dalam menghadapi ujian.


Keywords


Nilai; Pendidikan; Nabi Ayub As; Al-Qur’an

References


Abdul Latif . 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung:

Reflika Aditama.

Abu Al-Fida Muhammad Ali Ashobuni. 1986. Tafsir Ibnu Katsi. Jakarta:

Gema Insani

Abudin Nata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Ahmad Musthafa Al-Maraghi. 1993. Tafsir Al-Maraghi Jilid 23. Semarang:

Toha Putra.

Ahmad Syadali dan Rofi’I. 1997. Ulumul Qur’an. Bandung: CV. Pustaka

Setia

Ahmad Tafsir.1993. Metode Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja

Rosda Karya

Ahmad Tafsir. 2008. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Hamka. 2015. Tafsir Al-Azhar, Depok: Gema Insani.

Hasbi Asy-Shiddieqy. 1980. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan

Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang.

Muhammad Baqir Hakim. 2006. Ulumul Qur’an. Jakarta: Al-Huda.

M. Quraish Shihab. 2000. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

M. Rasyid Ridha. Tafsir Al-Qur’an Al-Hakim, Tafsir Al-Manar Juz VII,

Beirut: Dar Al-Fikr.

M. Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2012. Landasan Pendidikan Konsep

dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

M. Suyudi. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Yogyakarta:

Mikraj.

Manna’ Khalil Al-Qathan. Studi Ilmu Al-Qur’an Terjemah Mudzakir

Nilai-nilai Pendidikan dalam Kisah Nabi Ayub ...

Jurnal Perspektif 74

Vol. 2 No. 1 Mei 2018

Omar Mohammad Al-Thoumi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta:

Bulan Bintang.

Ramayulis. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Rosihon Anwar. 1999. Sentuhan-Sentuhan Sufistik Penuntun Jalan Akhirat.

Bandung: Pustaka Setia.

Salim, H. (1985). Sejarah 25 Nabi dan Rasul, Bandung: Makmur

Sudarto. 1995 . Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudirman. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Sutarjo Adisusilo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter, Bandung: Rajawali

Pers.

Undang Burhanudin. 2015. Modul Tafsir I dan Pembelajarannya, Bandung.

Zakiah Daradjat . 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v2i1.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: