Analisis Kemampuan Metakognisi Pada Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Kreativitas Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v7i1.204Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan metakognisi pada pemecahan masalah matematis terhadap kreativitas belajar siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal uraian dengan kemampuan kreativitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang digunakan adalah dari hasil 18 orang siswa kelas XII RPL yang telah ditentukan oleh guru matematikanya. Penelitian ini berfokus kepada kemampuan metakognisi yang dimiliki para siswa yang diharapkan memiliki tingkatan dengan lima tahapan yang telah diuji yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Dengan menggunakan instrumen yang dipakai pada penelitian kemampuan metakognisi ini yaitu dengan tes soal kemampuan metakognisi mengenai materi barisan dan deret aritmatika yang memperhatikan kepada kreativitas belajar siswa dan angket mengenai kemampuan metakognisi pada siswa dengan melihat kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan penarikan kesimpulan dan penyajian data dari random sampling yang dipakai dari 18 siswa. Hasil dari analisis data tersebut memiliki aspek-aspek yang dipenuhi dari lima tahapan yang diuji dan aspek pemecahan masalah matematis siswa terhadap kreativitas belajar siswa memenuhi kepada kemampuan metakognisinya
Downloads
Published
2023-05-19
How to Cite
Permata, A., Solehudin, S., & Sugilar, H. (2023). Analisis Kemampuan Metakognisi Pada Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Perspektif, 7(1), 73–90. https://doi.org/10.15575/jp.v7i1.204
Issue
Section
Jurnal Perspektif
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).