Analisis Kemampuan Dekomposisi Computational Thinking Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Solehudin Solehudin, Darhim Darhim, Tatang Herman

Abstract


Kemampuan Computational Thinking (CT) adalah kemampuan penting abad ke-21 yang harus dimiliki oleh semua orang karena diprediksi akan menjadi keterampilan dasar layaknya membaca dan menulis. Kemampuan ini diyakini mampu mengantarkan generasi masa depan untuk dapat berhasil, baik dalam karier maupun kehidupan pribadinya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam mengenai kemampuan dekomposisi yang menjadi akar sekaligus kekuatan dari CT, dengan fokus pada kerangka Cognitive Computational Thinking. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri yang ada di Kabupaten Sukabumi dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis, wawancara siswa dan guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi, serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dekomposisi CT siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa belum pernah diberikan soal-soal berbasis CT dan guru juga belum familiar dengan kemampuan penting ini sehingga belum pernah menerapkannya pada pembelajaran di kelas.


Keywords


Dekomposisi, Computational Thinking

References


Akhmad, Nur & Riskawati, Riskawati & Hamsyah, Eka & Gustina, Gustina & Syarif, St & Samsi, Andi. (2023). Edukasi Computational Thinking Dalam Proses Pembelajaran. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2. 5867-5874. 10.53625/jabdi.v2i8.4516.

Bort, Heather & Brylow, Dennis. (2013). CS4Impact: measuring computational thinking concepts present in CS4HS participant lesson plans. 10.1145/2445196.2445323.

Csizmadia, Andrew & Curzon, Paul & Dorling, Mark & Humphreys, Simon & Ng, Thomas & Selby, Cynthia & Woollard, John. (2015). Computational thinking - a guide for teachers.

Decomposition. (n.d.). BBC Bitesize. Diakses 30 Agustus 2024, dari https://www.bbc.co.uk/bitesize/guides/z4rbcj6/revision/2#:~:text=Decomposition-,Decomposition,is%20much%20harder%20to%20solve.

Fried, Dror & Legay, Axel & Ouaknine, Joël & Vardi, Moshe. (2022). Sequential Relational Decomposition. Logical Methods in Computer Science. Volume 18, Issue 1. 10.46298/lmcs-18(1:37)2022.

J. M. Wing, “Computational Thinking: What and Why?,” 2010.

J. Voogt, P. Fisser, J. Good, P. Mishra, and A. Yadav, “Computational thinking in compulsory education: Towards an agenda for research and practice,” Educ Inf Technol (Dordr), vol. 20, no. 4, pp. 715–728, Dec. 2015, doi: 10.1007/s10639-015-9412-6.

Wing, J. M. (2014, January 10). Computational thinking benefits society. Microsoft Research. Retrieved May 18, 2024, from http://socialissues.cs.toronto.edu/index.html?p=279

Jeannette M. Wing, “Computational Thinking Benefits Society,” http://socialissues.cs.toronto.edu. Accessed: May 18, 2024. [Online]. Available: http://socialissues.cs.toronto.edu/index.html%3Fp=279.html

Kresnadi, H. ., Ghasya, D. A. V. ., & Pranata, R. P. (2023). Analisis Kemampuan Computational Thinking Berdasarkan Tahap Dekomposisi Dan Pengenalan Pola Siswa Di Kelas Iii Sdn 03 Toho. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1281–1285. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20757

M. Ansori, “Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah,” DIRASAH, vol. 3, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

McVeigh-Murphy, A. (2019, 25 September). The one about decomposition in computational thinking. Equip Learning. Diakses 30 Agustus 2024, dari https://equip.learning.com/decomposition-computational-thinking/

Rich, Peter & Egan, Garrett & Ellsworth, Jordan. (2019). A Framework for Decomposition in Computational Thinking. 416-421. 10.1145/3304221.3319793.

Román-González, Marcos & Pérez-González, Juan-Carlos & Jiménez-Fernández, Carmen. (2017). Which cognitive abilities underlie computational thinking? Criterion validity of the Computational Thinking Test. Computers in Human Behavior. 72. 678–691. 10.1016/j.chb.2016.08.047.

S.-C. Kong and H. Abelson, “Computational Thinking Education.”

Shuchi Grover, “The 5th ‘C’ of 21st Century Skills? Try Computational Thinking (Not Coding),” www.edsurge.com. Accessed: May 18, 2024. [Online]. Available: https://www.edsurge.com/news/2018-02-25-the-5th-c-of-21st-century-skills-try-computational-thinking-not-coding

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sukamto, Titien & Pertiwi, Ayu & , Affandy & Syukur, Abdul & Hafidhoh, Nisa & Yudi Hidayat, Erwin. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. ABDIMASKU : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2. 99. 10.33633/ja.v2i2.51.

Susanty, M. (2020). Berpikir Komputasional dan Pemrograman dengan Python. Jakarta Selatan: Salemba Infotek.

T. Memolo, “Pembelajaran Matematika Berpikir Komputasi Materi Pola Bilangan dengan Media Kalkulator Web Berbasis Javascript,” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 3, pp. 815–826, Nov. 2022, doi: 10.26811/didaktika.v6i3.854.

Teach students to divide (decomposition) and conquer (algorithmic thinking). (n.d.). Avid Open Access. Diakses 30 Agustus 2024, dari https://avidopenaccess.org/resource/teach-students-to-divide-decomposition-and-conquer-algorithmic-thinking/

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49, 33-35. https://doi.org/10.1145/1118178.1118215

Yasmin Kafai, Chris Proctor, and Debora Lui. 2019. From Theory Bias to Theory Dialogue: Embracing Cognitive, Situated, and Critical Framings of Computational Thinking in K-12 CS Education. In Proceedings of the 2019 ACM Conference on International Computing Education Research (Toronto ON, Canada) (ICER '19). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 101--109. https://doi.org/10.1145/3291279.3339400.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i2.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: