STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS RISET JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v2i1.23Abstract
Pembelajaran atau perkuliahan harus sesuai dengan tujuan perkuliahan yang diharapkan berdasarkan indikator materi kuliah. Agar materi kuliah ditopang dengan data yang valid, up to date dan rasional perkuliahan berbasis riset menjadi solusinya. Aktivitas berpikir mahasiswa harus senantiasa didorong atau diberikan stimulus agar aktivitas perkuliahan lebih bermakna. Ketika strategi yang diberikan bermakna akan terjadi respon yang baik semua aktivitas berpikir mahasiswa harus bermakna membangun kerangka berpikirnya, misalnya kegiatan diskusi kelompok tidak hanya memaparkan ide atau gagasan tetapi membangun komunikasi aktif antar mahasiswa sehingga lahirnya pemahaman yang komprehensif tentang inti dari tema yang dibahas. Pembelajaran berbasis riset berdasarkan hasil kajian data di lapangan atau studi literatur yang menjadi referensi penelitian, dan sudah seharusnya hasil penelitian dapat bermanfaat dan menjadi sumber yang valid untuk perkuliahan, karena riset dilaksanakan berdasarkan renstra perguruan tinggi yang ditetapkan. Pembelajaran berbasis riset yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran disertai dengan riset dan menggunakan hasil riset dalam pembelajaran. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 59,46 % mahasiswa kesulitan mencari masalah penelitian sehingga 89,19 % mahasiswa menginginkan adanya tambahan mata kuliah tentang penelitian.
References
Ahmad Tafsir, Asep Nursobah. 2009. Filsapat Dan Metode Berfikir. Jakarta: Dijen Pendidikan Islam Departemen Agama.
Carnegie Mellon University. 2017. Research-based Principles of Learning & Teaching Strategies. Eberly Center for Teaching Excellence, [Online] Available at: http:// http://www.crlt.umich.edu/gsis/p4_7. [Accessed 17 December 2017].
Darmalaksana, W., 2017. ANALISIS KULTUR PENELITIAN DAN PUBLIKASI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. [Online] Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/4961/ [Accessed 17 December 2017].
Diah Tri Widayati, d., 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: UGM.
Hamdan Sugilar, T. P. W. D., 2017. Strategi Perguruan Tinggi dalam Akselerasi Hasil Penelitian. Bandung, ICSE UPI.
KKNI, T. P., 2016. Kurikulum Jurusan PAI Mengacu kepada KKNI dan SNPT. Bandung, Jurusan PAI FTK UIN SGD Bandung.
LP2M, P. P. dan P. (2015a) Profil Pusat Penelitian dan Penerbitan.Bandung: Puslitpen UIN Sunan Gunung Djati
LP2M, P. P. dan P. (2015a) Profil Pusat Penelitian dan Penerbitan. Bandung: Puslitpen UIN Sunan Gunung Djati
LP2M, P. P. dan P. (2015b) Standar Operasional Prosedur. Bandung: Puslitpen UIN Sunan Gunung Djati
LP2M, P. P. dan P. (2017) Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Publikasi 2017. Bandung: Puslitpen UIN Sunan Gunung Djati
Masri Kudrat Umar, S. M. d., 2011. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset di Program Studi PendidikanFisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Mulyaningsih, Indrya, 2016. Pembelajaran Berbasis Riset Pada Mata Kuliah ‘Teori Belajar Bahasa’. Sukoharjo, Universitas Veteran Bantara Sukoharjo.
Rencana Induk Penelitian UIN Sunan Gunung Djati (2015). Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati
Sagala, S., 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).