Studi Observasi Technological Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Luas Permukaan Kerucut

Abdul Rosyid, Al Jupri

Abstract


Pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat saat ini, guru matematika diharapkan bisa mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mereka. Untuk bisa mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika, guru matematika perlu memahami dan memiliki kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam TPACK guru matematika SMP dalam pembelajaran matematika materi luas permukaan kerucut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis observasi. Analisis observasi dalam penelitian ini mengacu pada proses menganalisis   data   yang   diperoleh   melalui observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memiliki Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan baik, namun pada Technological Knowledge (TK), Technological Content Knowledge (TCK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), dan TPACK terlihat bahwa guru masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru belum dapat mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematikanya dikarenakan TPACK yang dimiliki guru belum mumpuni terutama pada komponen TK, TCK, dan TPK. Banyak faktor yang memungkinkan hal tersebut terjadi, salah satunya adalah dukungan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti tersedianya perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut sangat disarankan untuk dilakukan di masa mendatang.

Keywords


Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Matematika, Guru Matematika

References


Alqurashi, E., Gokbel, E. N., & Carbonara, D. (2016). Teachers ’ knowledge in content , pedagogy and technology integration : a comparative analysis between teachers in Saudi Arabia and United States. British Journal of Educational Technology, 00(00). https://doi.org/10.1111/bjet.12514

Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Thamir, S. (2020). TPACK Model Based Instruction in Teaching Writing: An Analysis on TPACK Literacy. International Journal of Language Education, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441

Ansar, A., & Asrirawan. (2020). Pelatihan Geogebra Pada Materi Bangun Datar bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kec. Wonomulyo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.30605/atjpm.v2i1.386

Ariastika, D. (2022). Penerapan Literasi Digital pada Pembelajaran IPA dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0, 132–142. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C.-C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society, 16(2), 31–51.

Chandra, E., & Amirrudin. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Peluang (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMK Pariwisata Kota Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.67

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Daimah, U. S., & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888

Darmayunata, Y., Syam, F. A., & Van FC, L. L. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Di Sd It Imam Asy-Syafi’I Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.5618

Darwis, M. (2019). Pendidikan Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Aksioma, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i1.214

Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-Learning. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(1), 71. https://doi.org/10.25157/je.v9i1.5363

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Innayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK ( Technological , Pedagogical , Content Knowledge ) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID (Journal of Educational Integration and Development Volume), 2(1), 15–27.

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Herizal, Nuraina, Rohantizani, & Marhami. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(1), 1847–1857.

Jackson, M. (2017). Integration of ICT in the Mathematics Classroom. Journal of Initial Teacher Inquiry, 3, 90. http://hdl.handle.net/10092/14624

Koehler, M. J., Mishra, P., Akcaoglu, M., & Rosenberg, J. M. (2013). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators. ICT Integrated Teacher Mducation Models, 1–8. http://cemca.org.in/ckfinder/userfiles/files/ICT teacher education Module 1 Final_May 20.pdf

Mohajan, H. K. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48. https://doi.org/10.26458/jedep.v7i1.571

Munawaroh, S., Fathimah Ahmadah, I., & Purbaningrum, M. (2021). E-Magmath Berbasis Flipbook Pada Materi Himpunan Di Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.45-54

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (1991). Professional Standards for Teaching Mathematics. National Academy Press.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. National Academy Press.

Nurhayani, Yuanita, S. K., Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 179–190.

Putra, A. S., & Aisyah, N. (2021). Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Virtual Reality. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 295–303.

Putri, I. A., & Harinaredi. (2023). Modernisasi Pembelajaran IPS Berbasis TPACK Di Era 4 . 0 Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333

Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47–56.

Rahmatia, M., Monawati, & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 212–227. https://jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2550

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 446–454.

Rosyid, A., Mahpudin, A., Nuraeni, Z., Suparman, & Andriyani. (2020). Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 33–41.

Rosyid, A., & Umbara, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 84–89. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1326

Saifudin, M. N., Cahyaningrum, Z. F., Habiba, D. H. I., Ulayya, S. D., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur : Tantangan dan Peluang: Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Prisma, 7, 906–913. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155

Satar, S., Akobiarek, M., Nurbaya, & Listiani, H. (2023). Self-Assesment Kompetensi TPACK Pedagogical Knowledge ) Guru IPA SMP Kabupaten Keerom , Papua untuk Menghadapi Pembelajaran Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IV “Desain Pembelajaran IPA Yang Berorientasi Masa Depan Yang Berkelanjutan,” 88–100.

Shulman, L. E. E. S. (1986). Those who understand, knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14.

Siregar, D. Y., Khairani, L. P., Sabilla, S., Yusriani, & Siahaan, R. P. J. (2024). Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran di Indonesia: Ditinjau dari Studi Observasi. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 543–551. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3488940&val=22167&title=Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Danau Laut Tawar Takengon Ikan Depik Rasbora Tawarensis pada Materi Vertebrata

Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., & Aziz, A. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Yurdakul, I. K., & Coklar, A. N. (2014). Modeling preservice teachers ’ TPACK competencies based on ICT usage. Journal of Computer Assisted Learning, 30, 363–376. https://doi.org/10.1111/jcal.12049

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 47–60.

Zakiya, & Nurhafizah. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i2.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: