Penggunaan Alat Peraga dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa

Hasanuddin Sukandi, Yayu Nurhayati Rahayu, Neng Risya Safitri, Irfan Ahmad Zain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan alat peraga dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswa sekolah menengah di SMPN 62 Bandung. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pengumpulan data untuk mengukur minat belajar matematika siswa. Kuesioner terdiri dari pertanyaan yang dirancang untuk menggali minat belajar matematika siswa, termasuk aspek-aspek seperti ketertarikan terhadap materi matematika, kepercayaan diri dalam memecahkan masalah matematika, dan kepuasan terhadap pembelajaran matematika. Data yang dikumpulkan dari kuesioner kemudian dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika memiliki pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan guru-guru matematika mempertimbangkan penggunaan alat peraga sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa.

Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan alat peraga dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada

References


Alamat, N. N. (N.D.). Lampiran Pencipta. Www.Tcpdf.Org

Jayanti Dap, C., Matematika, P., & Singkawang, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repitition (Air) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Padamateri Limas Kelas Viii. In Journal Of Educational Review And Research (Vol. 1, Issue 2).

Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. The Original Research Of Mathematics), 1(2), 64.

Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V9n1.P31--51

Luju, A., Dhema, M., & Rusdin, E. (2020). Pengaruh Alat Peraga Mobil-Mobilan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Smpn I Bola. In Alphamath Journal Of Mathematics Education (Vol. 6, Issue 2).

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. In Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara

Murtiyasa, B., & Atikah, M. D. (2021). Kemampuan Tpack Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2577. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V10i4.4351

Perkembangan, P. P., & Siregar, N. R. (2017). Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. In Hotel Grasia. Www.Pisaindonesia.Wordpress.Com

Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., & Ngina, M. Y. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2). Https://Doi.Org/10.38048/Jailcb.V2i2.392

Sugilar, H. (2020, March). Multimedia matematika di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung (pp. 442-451).

Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 4(1), 92–100.

Wahyudi, A. (N.D.). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Berbasis Montessori.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: