The Influence of Initial Mathematical Ability and Realistic Mathematical Education on Computational Thinking and Learning Independence of Junior High School Students

Hayana Mardiyah Harahap, E.Elvis Napitupulu, Zul Amry

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: Perbedaan kemampuan berpikir komputasional siswa yang diajar dengan menggunakan PMR dan Pembelajaran Langsung; Perbedaan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan menggunakan PMR dan Pembelajaran Langsung; Interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa; Interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 dan VIII-7 dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir komputasional dan skala kemandirian belajar. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh: Kemampuan berpikir komputasional siswa di kelas PMR lebih tinggi daripada kelas pembelajaran langsung; Kemandirian belajar siswa di kelas PMR lebih tinggi dari pada kelas pembelajaran langsung; Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir komputasional; Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran dengan PMR dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional dan kemandirian belajar siswa

Keywords


Influence, Realistic Mathematics Education, Computational, Learning Independence.

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M & Rosyana, T. (2014). Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, 2 (1), 45-53.

Aulia, N., Nurmawati, N., & Andhany, E. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Man 3 Langkat. AXIOM. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 133–144.

Barr, D., D. (2019). Computational thinking: A Digital Age Skill for Everyone. Learning & Leading with Technology, 6, 38.

Batul, F. A., dkk. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model SSCS dengan Pendekatan RME dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1282-1296.

Chan, S. L.C & Sumintono, B. (2020). Assesing Computational Thinking Abilities Among Singapore Secondary Students: A Rasch Model Measurement Analisys. Journal of Computers in Education, 8(2), 123.

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(!), 1–10.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., Taufiq, A. U. (2017). Development Of Picture Media Based on Local Potency for Learning Materials Biodiversity In Class X Sma 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Auladuna, 4 (2), 14–28.

Hamzah Ali, M. (2013). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. PT. Raja Grafindo Persada.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Ismail Hanif Batubara, Sahat Saragih, Elmanani Simamora, E Elvis Napitupulu, I. P. S. (2022). Analysis of student’s mathematical communication skills through problem based learning models assisted by augmented reality. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1024–1037. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.3704

J., S. (2016). The Development of Students Worksheet using Geogebra Assisted Problem-based Learning and Its Effect on Ability of mathematical Discovery of Junior high Students. Proceeding of 3RD International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science, 2, 385-394.

Kardi, S & Nur, M. (2020). Pengajaran Langsung. Universitas Negeri Surabaya.

Khasanah, A. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Pola Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Taman Pelajar Surabaya. Mahasiswa Teknologi Pendidikan., 09. No. 2.

Laurens, T., Adolfina, F. B., Rafafy, J. B., & Leasa, M. (2017). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement? EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vol. 14. N, 569–578.

Mohaghegh, D. M., & McCauley, M. (2019). Computational Thinking: The Skill Set of the 21st Century. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 7(3), 1524-1530.

Saragih, S., & Habeahan, W. (2014). The Improving of Probem Solving Ability and Students’ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, Vol. 5. No, 123-132.

Sari, N. W., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Baru. Radian. Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2 (1), 1-10.

Siagian, M. D., & Sembiring, M. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi matematis Siswa Ditinjau Melalui Aplikasi Pendekatan Pembelajaran Savi Berbasis Lingkungan dan Pembelajaran Ekspositori. MES. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 59–65.

Soedjadi, R. (2014). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahan Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Media Pendidikan Matematika Nasional.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sumarmo, U. (2016). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 22-32.

Supiarmo, M. G., D. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa. Numeracyracy, 9(1).

Weintrop, D., dkk. (2016). Defining Computational Thinking for Mathematics and Science Classroom. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127-147.

Wing, J. (2016). Computational Thinking. Association For Computing Machinery.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v9i1.344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.