Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Ahmad Firdaus, Iyon Maryono, Solehudin Solehudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses abstraksi siswa kelas XI IPA SMA dalam memahami materi berdasarkan teori Van Hiele. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang didapatkan dari lima tahap abstraksi matematis berdasarkan teori Van Hiele bahwa kemampuan siswa hanya pada tahap 0 sampai tahap 2, sedangkan untuk tahap 3 dan tahap 4 tingkat berpikir siswa kelas XI IPA masih kesulitan dalam membuktikan suatu konsep dan pada tahap ini juga merupakan tahap berpikir yang tinggi, rumit dan kompleks. Simpulan, kemampuan abstraksi matematis siswa kelas XI IPA 3 salah satu SMA di Bandung dalam memahami dan menyelesaikan soal kemampuan abstraksi matematis berdasarkan Teori Van Hiele perlu ditingkatkan


Keywords


Abstraksi Matematis, Geometri, Teori Van Hiele



DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: