Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islami Pada Siswa Sekolah Dasar

Vicha Dita Fadilla, Mahrus As’ad, Ratu Vina Rohmatika

Abstract


Banyak penelitian yang mengemukakan tentang penanaman nilai-nilai islami sebagai upaya penanaman karakter pada anak. Akan tetapi saat ini masih banyak ditemukan bahkan menjadi topik permasalahan pada anak-anak adalah menurunya tingkat moralitas dan perilaku. Bahkan anak-anak usia dini sudah banyak melakukan kekerasan bahkan kriminalitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi atau gambaran untuk guru agama dalam menerapkan nilai-nilai islami atau nilai-nilai keagamaan. Menggambarkan kegiatan yang dilakukan sebagai upaya pengintegrasian nilai aqidah,akhlak dan ibadah. Dalam studi kasus pada penelitian ini mengenai strategi guru agama dalam menerapkan nilai-nilai islami yang melibatkan siswa siswi kelas satu sampai kelas enam yang dilakukan dalam lembaga formal yaitu sekolah di sekolah dasar Negeri 1 Sendang Asri. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan, pembiasaan merupakan kegiatan penting dalam penanaman suatu nilai. Selain kegiatan diluar kelas guru juga memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. pemilihan metode serta media yang tepat akan menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan kegiatan keagamaan, pembelajaran dan pembiasaan di sekolah dalam menanamkan arti nilai-nilai aqidah,akhlak dan ibadah kepada anak

Keywords


Penanaman Nilai-Nilai Islami, Strategi Guru PAI

References


Agustin, R. W., & Ulfatun, T. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Holistik di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 794–802. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.991

Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2).

Al-Baihaqi, Z. I., Haironi, A., & Hilalludin, H. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1290–1295. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.122

Anggraini, Y. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 9205–9212. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963

Arifin, M., Zahruddin, Z., & Maftuhah, M. (2021). Optimalisasi Model Manajemen Strategik untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 97–103. https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i2.224

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Dewi, K. A., Rahayuni, K. K., Apriani, N. L., & Ardiawan, I. K. N. (2025). Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengajarkan Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9(1), 71–81. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9110

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2014). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice. Pearson Education.

Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865

Lestari, A., & Surur, A. M. (2021). The Role of Character Education to Improve The Moral of The Nation. Journal of Contemporary Islamic Education, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.25217/cie.v1i1.1384

Lestari, W., Liberna, H., Eva, L. M., & Hikmah, N. (2023). Pendidikan Karakter di Sekolah. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9841–9846. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20702

Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549–3554. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11580

Pradnyana, P. B., & Amanda, S. A. P. G. (2023). Analisis Peran dan Upaya Guru Dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Sulahan Tahun 2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 961–971. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1215

Rahma, A., & Perawironegoro, D. (2024). Menumbuhkan Kesadaran Aqidah Akhlak Materi Fungsi Iman kepada Rasul Untuk Kelas 7 Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta Melalui proses Pembelajaran yang Efektif. Lentera: Multidisciplinary Studies, 3(1), 513–523. https://doi.org/10.57096/lentera.v3i1.126

Ramin, R. (2020). Sekolah dan Pendidikan Karakter Islami (Sebuah Analisis Konseptual). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 181–194. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.29724

Sari, M. (2021). Implementasi Total Quality Management dalam Pengembangan Manajemen Pembelajaran Karakter Religius. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(1), 11. https://doi.org/10.36667/bestari.v18i1.590

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sukriyah, E., Sapri, S., & Syukri, M. (2024). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi remaja di lingkungan keluarga di kota Subulussalam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 48. https://doi.org/10.29210/1202423633

Suwandi, S., & Widodo, H. (2021). Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 127. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400

Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351–362. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34745




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v9i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.