Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islami Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, R. W., & Ulfatun, T. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Holistik di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 794–802. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.991
Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2).
Al-Baihaqi, Z. I., Haironi, A., & Hilalludin, H. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1290–1295. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.122
Anggraini, Y. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 9205–9212. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3963
Arifin, M., Zahruddin, Z., & Maftuhah, M. (2021). Optimalisasi Model Manajemen Strategik untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 97–103. https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i2.224
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Dewi, K. A., Rahayuni, K. K., Apriani, N. L., & Ardiawan, I. K. N. (2025). Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengajarkan Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9(1), 71–81. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9110
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2014). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice. Pearson Education.
Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865
Lestari, A., & Surur, A. M. (2021). The Role of Character Education to Improve The Moral of The Nation. Journal of Contemporary Islamic Education, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.25217/cie.v1i1.1384
Lestari, W., Liberna, H., Eva, L. M., & Hikmah, N. (2023). Pendidikan Karakter di Sekolah. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9841–9846. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20702
Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549–3554. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11580
Pradnyana, P. B., & Amanda, S. A. P. G. (2023). Analisis Peran dan Upaya Guru Dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Sulahan Tahun 2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 961–971. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1215
Rahma, A., & Perawironegoro, D. (2024). Menumbuhkan Kesadaran Aqidah Akhlak Materi Fungsi Iman kepada Rasul Untuk Kelas 7 Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta Melalui proses Pembelajaran yang Efektif. Lentera: Multidisciplinary Studies, 3(1), 513–523. https://doi.org/10.57096/lentera.v3i1.126
Ramin, R. (2020). Sekolah dan Pendidikan Karakter Islami (Sebuah Analisis Konseptual). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 181–194. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.29724
Sari, M. (2021). Implementasi Total Quality Management dalam Pengembangan Manajemen Pembelajaran Karakter Religius. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(1), 11. https://doi.org/10.36667/bestari.v18i1.590
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Sukriyah, E., Sapri, S., & Syukri, M. (2024). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi remaja di lingkungan keluarga di kota Subulussalam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 48. https://doi.org/10.29210/1202423633
Suwandi, S., & Widodo, H. (2021). Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 127. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400
Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351–362. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34745
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v9i1.342
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.