MORAL KEKHALIFAHAN MANUSIA DALAM AL-QUR’AN MENURUT TEORI ECOTHEOLOGY ISLAM: STUDI TAFSIR TEMATIK | Shahid | Jurnal Perspektif

MORAL KEKHALIFAHAN MANUSIA DALAM AL-QUR’AN MENURUT TEORI ECOTHEOLOGY ISLAM: STUDI TAFSIR TEMATIK

Ahmad Shahid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas moral kekhalifahan dalam Al-Qur’an melalui teori ecotheology Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan studi pustaka untuk menginterpretasi ayat-ayat Al-Qur’an dengan pendekatan tafsir tematik. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup moral kekhalifahan dalam hubungannya dengan Allah, alam, sesama manusia dan dengan dirinya sendiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa moral kekhalifahan manusia dalam Al-Qur’an dapat menjadi guiding principle atau pedoman bagi manusia untuk memahami makna kekhalifahan sehingga dalam pemanfaatan dan pengelolaan alam dapat sesuai dengan prinsip ecotheology Islam. Penelitian ini merekomendasikan untuk dilakukan kajian yang lebih luas mengenai khalifah berkaitan dengan aktualisasi moral kekhalifahan dalam kehidupan dengan metode dan pendekatan pendidikan serta sosial budaya


Keywords


Al-Qur’an, Ecotheology Islam, Khalifah, Manusia, Moral

References


Aini, N. (2020). Relasi Antara Peran Manusia Sebagai Khalifah Dengan Kerusakan Alam.

Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Al-Farmawi, Abd. Al-Hayy. (1994). Metode Tafsir Mawdhu’i (Suatu Pengantar). Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Al-Isfahani, A.-R. (1961). Mufradat Gharib Al-Qur’an. Mesir: Al-Halabi.

Al-Razi, F. A.-D. (1985). Tafsir Al-Kabir. Mesir: Al-Mathba’ah Al-Mishriyyah.

Alfian, M. (2011). FIlsafat Etika Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Ali, Z. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: PT Pustaka Setia.

Aqib, K. (2008). Fungsi Kekhalifahan Manusia. Jurnal Tribakti, 19(2).

Arif, S. (2015). Manusia Dan Agama. Islamuna, 2(2), 149–166.

Arifullah, M. (2011). Eco-Ethics Spiritual: Membangun Relasi Antara Manusia dan Lingkungan

Berbasis Normativitas Islam. Tajdid: Khazanah Dan Kajian Keislaman Progresif, 10(2),

–19.

Bertens, K. (2011). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dali, Z. (2016). Hubungan antara manusia, masyarakat, dan budaya dalam perspektif islam.

Nuansa, IX(1), 47–57.

Damis, R. (2014). Falsafah Manusia Dalam Al-Qurán. Jurnal Sipakalebbi, 1(2), 201–216.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN

Sunan Gunung Djati, 1–6.

Fadil, M. (2019). Membangun Ecotheology Qur’ani : Reformulasi Relasi Alam dan Manusia

dalam Konteks Keindonesiaan. Ishlah: Jurnal of Ushuluddin, 1(1), 84–100.

Hamzah. (2015). Al-Bi’ah Dalam Perpektif Al-Qur’an. Skripsi, Fakultas Ushuluddin: UIN

Raden Fatah Palembang.

Haromaini, A. (2018). Manusia Dan Keharusan Mencari Tahu (Studi Relasi Manusia, AlQur’an dan Filsafat). Pelita - Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(18), 178–201.

Hatta, A. (2009). Tafsir Qur’an Per Kata. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Helmi, Z. (2018). Konsep Khalifah Fil Ardhi dalam Perspektif Filsafat (Kajian Eksistensi

Manusia sebagai Khalifah). Intizar, 24(1), 37–54.

Iqbal, M. (2016). Mewujudkan Kesadaran Energi Melalui Konsep Khalifah Fi al-’Ard. Jurnal

Penelitian, 13(2), 187–200.

Iswanto, A. (2013). Relasi Manusia dengan Lingkungan dalam Al-Quran Upaya Membangun

Eco-Theology. Jurnal Suhuf, 6(1), 1–18.

KBBI Daring. (2016). Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud.

Kurniawan, A. (2018). Aktualisasi Nilai Khalifah Dalam Al-Quran. Jurnal Al-Dirayah, 1(1),

–56.

Kusuma, E. H. (2015). Hubungan Antara Moral Dan Agama Dengan Hukum. Jurnal Pendidikan

Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2), 96–104.

Lisnawati, Y., Abdussalam, A., & Wibisana, W. (2015). Konsep Khalīfah Dalam Al-Qur`Ᾱn

Dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam (Studi Maudu’I Terhadap Konsep

Khalīfah Dalam Tafsir Al-Misbah). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education,

(1), 47–57.

Lubis, T. (2019). Kekuasaan Politik Dalam Al-Qur’an Menurut Pemikiran Hamka (Studi

Telaah Q.S. Al-Baqarah/2:30, Ali Imran/3:26, An-Nur/24:55, Shad/38:26). Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam: UIN Sumatera Utara.

Machmud, H. (2014). Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal

Al - Ta’dib, 7(2), 75–84.

Mardliyah, W., Sunardi, S., & Agung, L. (2018). Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di

Muka Bumi: Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 355–378.

Maulidah, T. A. (2018). Reinterpretasi Relasi Tuhan dan Manusia Syed Muhammad Naquib AlAttas. ISLAMIKA INSIDE: Jurnal Keislaman Dan Humaniora, 4(1), 74–95.

Mufid, S. A. (2017). Islam & Ekologi Manusia (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Nuansa.

Muhammad, F. (2015). Penafsiran Khalifah Menurut M. Quraish Shihab Dalam Kitab Tafsir

Al-Mishbah. Skripsi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah: Institut Agama Islam Negeri

(IAIN) Tulungagung.

Muhammad, M. T. (2016). Kualitas Manusia dalam Pandangan Al-Qur’an. Al-Mu’ashirah,

(1), 1–10.

Mulyawati, S. (2017). Silaturahim Dalam Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur Karya

Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy. Skripsi, Fakultas Ushuluddin: UIN Sunan Gunung

Djati.

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwar Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Napitupulu, N. D., Munandar, A., Redjeki, S., & Tjasyono, B. (2018). Ecotheology Dan

Ecopedagogy: Upaya Mitigasi Terhadap Eksploitasi Alam Semesta. Voice of Wesley:

Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama, 1(2).

Noer, K. A. (2011). Pemerintahan Ilahi atas Kerajaan Manusia : Psikologi Ibn ‘Arabi tentang

Roh. Kanz Philosophia : A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 1(2), 199–214.

Nurdin, A. (2017). Stigma Islam Dalam Pemberitaan Terorisme (Analisis Framing Pemberitaan

Terorisme di Harian Jawa Pos dan Kompas Pasca Kasus Peledakan Bom Mega Kuningan

Jakarta 18 Juli 2009 – 18 Agustus 2009). An-Nida’ : Jurnal Prodi Komunikasi Penyiaran

Islam, 6(1), 1–24.

Pradipta, C. A. (2016). Pengaruh Islamophobia Terhadap Peningkatan Kekerasan Muslim Di

Perancis. Global & Policy, 4(2), 101–118.

Quddus, A. (2012). Ecotheology Islam: Teologi Konstruktif Atasi Krisis Lingkungan.

Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 16(2), 311–347.

Rachels, J. (2013). Filsafat Moral. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Rachman, B. M. (2011). Ensiklopedi Nurcholis Madjid. Jakarta: Democrazy Project.

Raharjo, M. D. (n.d.). Ensiklopedi Al-Qur’an: Khalifah. Ulumul Qur’an.

Rahayu, N. V. G. (2018). Peran Manusia dalam Pelestarian Alam Berdasarkan Tafsir AlJawāhir fī Tafsīr Alqurān Al-Karīm. Skripsi, Fakultas Ushuluddin: UIN Sunan Gunung

Djati.

Robani, A. (2019). Konsep Pendidikan Moral dan Etika dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib.

Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: UIN Raden Intan Lampung.

Robby, D. A. (2018). Perbandingan konsep pendidikan moral menurut pemikiran emile

durkheim dan al-ghazali serta relevansinya dengan pendidikan moral di indonesia. Tesis,

Pascasarjana: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Rubini. (2018). Pendidikan Moral Dalam Persfektif Islam. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan

Islam, 8, 225–271.

Saihu. (2019). Rintisan Peradaban Profetik Umat Manusia Melalui Peristiwa Turunnya Adam

as. Ke-Dunia. Mumtaz, 3(1), 268–279.Sami’uddin. (2019). Fungsi Dan Tujuan Kehidupan Manusia. Pancawahana: Jurnal Studi

Islam, 14(2), 17–31.

Shihab, M. Q. (2013). Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi

Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214–248.

Susanti, S. E. (2020). Epistemologi Manusia Sebagai Khalifah Di Alam Semesta. Humanistika,

(1), 85–99.

Suseno, F. M. (2015). Etika Dasar. Yogyakarta: PT Kanisius.

Thohir, M., & Makmun, M. N. Z. (2017). Penafsiran Ayat Al-Qur’an Tentang Khilafah (Kajian

Perbandingan Tafsir Al-misbah Karya M. Quraish Shihab dan Al-Azhar Karya Abdul

Karim Amrullah [Hamka]). Sumbula, 2(2), 545–560.

Thontowi, Z. S., Syafii, A., & Dardiri, A. (2019). Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif

AL-Qur’an Menjawab Urban Middle Class Milenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan

Islam, 8(1), 159–170.

Ummah, S. R. (2019). Konsep Manusia Sebagai Hamba dalam Al-Qur’an dan Perannya dalam

Kehidupan Bermasyarakat (Kajian Tafsir Tematik dengan Pendekatan Bahasa). 14(2),

–86.

Yaacob, N. H., Maslan, A., & Baharudin. (2014). Manusia dan Perkembangan Peradaban:

Beberapa Aspek Pemikiran Malek Bennabi dan Ali Syariati. Journal of Human Capital

Development, 7(1), 83–98.

Zahro’unnafi’ah, K. N. A. (2018). Konsep Humanisme Dalam Tafir Surat Al-Baqarah Ayat 30-

Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan

Ilmu Keguruan: IAIN Ponorogo.

Zulaiha, E. (2018). Spiritualistas Taubat Dan Nestapa Manusia Moderen. Syifa Al-Qulub, 2(2),

–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v4i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: