Kecemasan Dalam Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab Ditinjau Berdasarkan Self efficacy Dengan Academic Help Seeking Sebagai Variabel Moderasi | Nurdin | Jurnal Perspektif

Kecemasan Dalam Belajar Mata Kuliah Bahasa Arab Ditinjau Berdasarkan Self efficacy Dengan Academic Help Seeking Sebagai Variabel Moderasi

Farid Soleh Nurdin, Agus Abdul Rahman, Fatimah Az Zahro

Abstract


Mata kuliah Bahasa Arab merupakan salah satu mata kuliah wajib di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Namun tidak semua mahasiswa berasal dari sekolah yang berbasis Islam, sehingga mata kuliah Bahasa Arab dapat menjadi salah satu mata kuliah yang dapat menimbulkan kecemasan akademik. Fakultas Psikologi adalah salah satu fakultas yang berbasis umum yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sebagai fakultas yang berbasis umum, sebagian mahasiswa bukan berasal dari sekolah yang berbasis agama. Menurut studi awal yang dilakukan, sekitar 60% dari 50 subjek yang merupakan mahasiswa psikologi merasa cemas akan mata kuliah Bahasa Arab. Subjek dari penelitian ini berjumlah 255 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh self efficacy terhadap kecemasan dalam belajar mata kuliah Bahasa Arab dengan academic help seeking sebagai variabel moderasinya. Hasil dari uji PLS moderasi menunjukan bahwa variabel academic help seeking dapat menjadi variabel moderator dari pengaruh self efficacy terhadap kecemasan dalam belajar mata kuliah Bahasa Arab dengan nilai signifikasi 0.018.


Keywords


self efficacy, academic help seeking, kecemasan, bahasa Arab

References


Daftar Pustaka

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press, 2011.

Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. Encyclopedia of Human Behavior. Vol. 4, pp. 71-81. Retrieved from http://www. uk y.ed u/~e ushe/Ba nd ura/Ba nEnc y. html,

Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Bastaman, Hanna Djumhana. 2015. Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islam . Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil.

Bouffard, T., Bouchard, M., Goulet, G., Denoncourt, I., dan Couture, N. (2005).

Influence of Achievement Goals and Self Efficacy on Students’ Self-regulation and Performance. International Journal of Psychology, 40, 373-384. DOI: 10.1080/02188791.2000.10600183.

Bureni, I. Y. (2019).Hubungan antara Self efficacy dengan communication apprehension pada mahasiswa (thesis). Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Butler, L. (2011). Secondary transition experiences: Analyzing perceptions, Efikasi Diri Akademik, academic adjustment and GPA for college students with learning disabilities pursuing post-secondary education. Disertasi. (Tidak diterbitkan).

Chen, Y.-L., & Tsou, S.-Y.(2017). Learners’ Anxiety in EFL Context among Taiwanese Colleges.Research in Psychology and Behavioral Sciences, 5(2), 57–60. https://doi.org/10.12691/rpbs-5-2-4

Cheng, Y. S. (2001). Learners' Beliefs and Second Language Anxiety.Concentric: Studies in English Literature and Linguistics, 27(2), 75–90.

Ewald, J. D. (2007). Foreign Language Learning Anxiety in Upper-Level Classes: Involving Students as Researchers. Foreign Language Annals, 40(1), 122–142. https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.2007.tb02857.x

GARDNER, R. C., TREMBLAY, P. A. U. L. F., & MASGORET, A. N. N. E.-M. A. R. I. E. (1997). Towards a Full Model of Second Language Learning: An Empirical Investigation. The Modern Language Journal, 81(3), 344–362. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1997.tb05495.x

Ghufron, M. N., dan Risnawati, R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Hanun, Farida. “Pengaruh Efikasi Diri, Iklim Kerja, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Kepala Madrasah (Survey di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi)”. Jurnal ANALISA, Vol. 20, No. 01. Juni 2013.

Haryono, A. (n.d.). Perubahan Dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik Staf Pengajar Fakultas Sastra Universitas Jember. Kalimantan; Jl. Kalimantan, 37 Tegalboto.

Hasanah, N. (2016). KONSEP SELF-EFFICACY DALAM AL-QUR’AN (Studi Penafsiran Ayat-ayat Self-Efficacy dalam Tafsir Al-Qur’a>n)Skrips (thesis). FAKULTAS USHULUDIN DAN FILSAFAT UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL, Surabaya.

Islami, C. C. (2015). Pengembangan Model Konseling Behavioral Dengan Teknik Relaksasi Untuk Meminimalisasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Sma Negeri Kabupaten Majalengka (thesis). PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING, Semarang.

Khoshbakht. (2012). A Study of Elementary Students Academic Help Seeking Behaviors in Math Class: The Role of Questioning in Class Interactions. Studies in Learning dan Instruction Journal. 3, (2).

Lalita, T. V. (2014). Hubungan antara Self efficacy dengan Kecemasan pada Remaja yang Putus Sekolah.Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 3(2), 60–66.

Mark, Ng. (2014). Self-efficacy Beliefs and Academic Help Seeking Behavior of Chinese Students. Journal of Education Science and Psychology. 4 (1) (LXVI), 17-31,

Nalin, P., Paul O. G., Denise, R., Sarah E. Norman., Schwanda, K. F., Cindy D. S., Renee M. D., Anne, P., dan Jan K. H. (2013). Academic Help-Seeking Behavior Among Student Pharmacists. American Journal of Pharmaceutical Education, 77 (1): 7. doi: 10.5688/ajpe7717,

Nani, K. L. (2012). Konstruksi Self-regulation Skill dan Help-seeking Behavior dalam Pembelajaran Matematika. Materi Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN : 978-979-16353-8-7,

Nazriati, E. (2014). HUBUNGAN KECEMASAN AKADEMIS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU TAHUN 2013/2014. JOM FK, 1(2), 1–9.

Nuzzuluni'mah, Huda, M. S., & Sa'adati, T. I. (2019). PERILAKU MENCARI BANTUAN (HELP-SEEKING BEHAVIOUR) PADA KELUARGA PASIEN SKIZOFRENIA (UPT REHABILITASI SOSIAL EKS-PSIKOTIK KEDIRI DAN POLI PSIKIATRI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KOTA KEDIRI. Happiness, 3(1), 55–67.

Octaviani, E. (2016). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penerimaan dan Penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran Exelsa Universitas Sanata Dharma: Vol. III (Issue 2). Universitas Sanata Dharma.

Pujadi, A. (2007). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA:STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUNDA MULIA. Business & Management Journal Bunda Mulia, 3, 40–51.

Putri, C. P., Mayangsari, M. D., & Rusli, R. (2018). PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP ACADEMIC HELP SEEKING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNLAM DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF RENDAH. Jurnal Kognisia, 1(2), 28–37.

Rahmawati, Ria. “ Hubungan Self-efficacy dengan Kecemasan Berbicara pada Siswa di SMA Walisongo Gempol Pasuruan”, Skripsi tidak diterbitkan (Surabaya: Jurusan Psikologi UIN Sunan Ampel, 2014).

R, A. ilmi.(2013). Hubungan antara Self efficacy, Motivasi berprestasi dengan Kecemasan Akademik pada Siswa Sma Rsbi (thesis). Perpustakaan Universitas Airlangga, Surabaya.

Riani, W. S., & Rozali, Y. A. (2014). HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN KECEMASAN SAAT PRESENTASI PADA MAHASISWA UNIVERISTAS ESA UNGGUL .Jurnal Psikologi ,12(1), 1–9.

Subaidi, A. (2016). SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA.Sigma, 1, 64–68.

Syafitri, N. R. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dan Academic HelpSeeking Behavior Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Skrips (thesis). FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU SOSIAL BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, Yogyakarta.

Tahrir. (2020). Konstruksi Alat Ukur Psikologi

Utami, L. H., & Nurjati, L. (2017). Hubungan Self-Efficacy, Belief dan Motivasi dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 219–238. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1447

Wardhani, D. K. (2015).Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (thesis). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Warsito, Hadi. “Hubungan antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik”, PEDAGOGI Universitas Negeri Surabaya, Vol. IX, No. 1. 2009.

Weiner, I. B., & Craighead, W. E. (2010).The Corsini encyclopedia of psychology.John Wiley & Sons.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i2.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: