Development of Problem-Based Student Worksheet Learning Media Using Geogebra to Improve Mathematical Reasoning Skills and Learning Independence
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif., A.M.S., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.
Alfiah, S., dkk. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Universitas Dr. Soetomo. GAUSS Jurnal Pendidikan Matematika, 4 No 2.
Anggraeni, E.R., Ma’rufi, dan S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol. 4. No.
Dewi Purnama Sari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Game Edukasi Laciku Pada Materi Operasi Aljabar Sebagai Learning Exsercise Bagi Siswa. Penelitian Bidang Pendidikan, 2 (3), 135.
Fauzan, A. Y. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika dan Alternatif Penyelesaiannya. Universitas Negeri Padang.
Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Perdana Publishing.
Hidayati, K., dan Listyani, E. (2017). Improving Instruments of Students Self-Regulated Learning.
Joe, A. R., Sobarningsih, N., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2024). Deductive Reasoning and Mathematical Resilience in Complex Analysis. KnE Social Sciences, 1013-1022.
Kotto, M. A., Babys, U., dan Gella, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning)., 5 No 1.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 23–26.
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content Package by Using ADDIE Model. International. Journal of Applied Research, 1 No 3, 52-54.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Keterlaksanaan Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika , 3 (1), 67-84.
Rangkuti, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.No Title. Universitas Al Washliyah: RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 5. No. 1.
Ridha, R. M., Dwipriyoko, E. dan Gumilar, C. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berbantuan Sorfware Geogebra. Universitas Langlangbuana. Jurnal TIARSIE, 17. No. 3.
Saniyyah, F., & Triyana, I. W. (2021). Analisis Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Adversity Quotient. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogic, 59(4).
Siswono, T. Y. . (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengaujuan dan Pemecahan Masalah. Remaja Rosdajaya.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Yamin, M. dan Ansari, B. I. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press.
Yusdiana, B.I., dan Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. IKIP Siliwangi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 No 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i2.300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.