Development of Mathematics Learning Tools Using Problem Based Learning Model to Improve Problem Solving Skills and Learning Motivation
Abstract
Penelitian ini menguji validitas, kepraktisan, efikasi, dan motivasi model pembelajaran berbasis masalah pada salah SMP Negeri di Kabupaten Mandailing Natal untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian dan pengembangan digunakan dalam penyelidikan ini. Model pengembangan bersifat empat dimensi. Siswa Kelas VIII Connection berpartisipasi. Metodologi pembelajaran berbasis masalah menghasilkan produk perangkat pembelajaran dari penyelidikan ini. Setelah pemeriksaan, modifikasi, dan validasi oleh para profesional dan praktisi, produk ini cocok untuk siswa kelas VIII SPLDV. Penggunaan praktis teknologi pembelajaran berbasis masalah. Penerapan keterampilan pemecahan masalah pembelajaran dan motivasi belajar siswa memenuhi persyaratan praktis. Gadget pembelajaran berbasis masalah yang meningkatkan pemecahan masalah matematika dan motivasi siswa memenuhi persyaratan berhasil. Nilai rata-rata N-gain yang sederhana pada uji coba I dan uji coba II sebesar 0,40 dan 0,587 menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah meningkatkan pemecahan masalah matematika. Setelah menggunakan paradigma Pembelajaran Berbasis Masalah berbasis indikator, motivasi siswa meningkat pada uji coba I dan I.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chamberlin and Moon. (2018). How Does the Problem Based Learning Approach Compare..to..the..Model-Eliciting..Activities..Approach..in..Mathematics? In University of Wyoming Sidney M. Moon. University of Wyoming Sidney M. Moon, Purdue University.
Hendrikson R Panjaitan. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Smp Jendral Sudirman. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 1 No 3, 23.
IEA. (2016). TIMSS International Results In Mathematics. Online. https://timssandpirls.bc.edu/timss2003i/userguide.html
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 241.
Laia, H. (2019). Hubungan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Operasi Hitung Bentuk Aljabar Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 1 Telukdalam Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(4).
Lailya. W.S & Fasha.E.F. 2021. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Dari Self- Efficacy Siswa. Dialektika P. Matematika, 8. No 1.(ISSN: 2089 – 4821), 488-500.
Lubis, S.D., Surya, E., dan Minarni, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal PARADIKMA, Vol 8. No, 99–105.
Mashuri, S. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14. No. 2.
Masri, MF., dkk. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM., 11 (1), 116–126.
Risma, A, and & H. I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar NasionalPascasarjana Unnes Seminar Nasional Pascasarjana, 3 (4).
Saragih, S., & Habeahan, W. (2014). The Improving of Probem Solving Ability and Students’ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, Vol. 5. No, 123-132.
Sihombing, Nova A dan Fauzi, A. (2017). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Think Talk Write pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPN 27 Medan. Jurnal Inspiratif, 3 No2.
Siregar, M. N. N. dan Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). JPAK, 9(2), 292–301.
Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Suharto. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Penemuan Terbimbing. Cakrawala, Jurnal Pendidikan., 11(2), 91–99.
Zakiah, L & Ika, L. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i2.306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By: