Development of Problem-Based Learning Teaching Materials to Improve Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy Students

Dhiena Safitri, E. Elvis Napitupulu, Nerli Khairani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan; Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:  keabsahan bahan ajar pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Self-Efficacy matematis siswa; kepraktisan bahan ajar tersebut; dan keefektifan proses pembelajaran dengan menggunakan TEAC. Menilai Self-Efficacy siswa setelah memanfaatkan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini memiliki dua tahap yaitu merancang bahan ajar pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan paradigma pengembangan Four-D dan mengevaluasinya di kelas X IPS di salah satu SMAN di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Profesional menganggap bahan ajar pembelajaran berbasis masalah valid, praktis, dan efektif. Self-Efficacy matematis siswa meningkat dari uji coba I ke uji coba II setelah memanfaatkan sumber belajar berbasis masalah


Keywords


Learning teaching materials, Problem Based Learning, Four-D Development Model, Mathematical problem solving ability and Student self-efficacy.

Full Text:

PDF

References


Aisyah. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Ilmiah DIKDAYA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi, 6 (2), 1–11.

Ayu, D., & Dita, A. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Retensi Kelas X Sman 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan. PDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2 (3).

Bandura, A. (1989). Self-efficacy mechanism in physiological activation and health-promoting behavior. In J. Madden, S. Matthysse, & J. Barchas (Eds.), Adaptation, learning and affect. Raven.

Bhat, M. A. (2018). Effect of Problem Solving Ability on the Achievement in Mathematics of High School Student. Indian Journal of Applied Research, 4 (8), 685-688.

Fitriyani, Y., Supriantna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, Pascasarjana Universitas Nusa Cendana, 3, 97–109.

Masri, MF., dkk. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM., 11 (1), 116–126.

Maulia, Y. S. (2017). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas XI. Numeracy. Numeracy, 4(2), 135-159.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enchede. Netherlands Institute for curriculum development.

Nurzazili., Irma, A., Rahmi, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Unuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 172-179.

Prihastyo., M. (2019). Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Matematika, 1(1):, 16–34.

Rustam.E., Sidabutar.D.R., & S. E. 2017. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International. Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR, 33 No 2, 321-331.

Saragih, S., & Habeahan, W. (2014). The Improving of Probem Solving Ability and Students’ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, Vol. 5. No, 123-132.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Yanty Putri Nasution, E., Emjasmin, A., Rusliah, N. (2021). Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika ALQALASADI, 5 (2), 141–150.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: