Motivasi Belajar Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Firni Widiastuti, Tika Karlina Rachmawati, Neng Risya Safitri Haryadi, Yuli Tri Wiyanto

Abstract


Hasil belajar yang optimal merupakan tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran. Banyak factor yang mempengaruhi agar mencapai hasil belajar yang optimal salah satunnya yaitu motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung semester VI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25% dari seluruh populasi atau sebanyak 33 orang mahasiswa dari keseluruhan 132 mahasiswa semester VI. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode Kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, heteroskedatisitas, multikolinearitas dan autokorelasi, serta uji hipotesis. Perangkat lunak yang digunakan untuk pengolahan data adalah IBM SPSS Statistics 25 dan STATA versi 17. Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Diskrit

Keywords


Hasil Belajar, Mahasiswa, Motivasi Belajar

References


Budianto, D. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pamekasan. In etheses.uin-malang.ac.id.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise Uny. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 181–209. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1671

Dr. Sutiah, M. P. (2020). Optimalisasi Fuzzy Topsis (Kiat Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa). NLC.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65

Iswahyuni. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa (Vol. 87, Issue 1,2).

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Junaidi. (2013). Processing Data Penelitian Kuantitatif Menggunakan Eviews. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mutmainah, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Keudayaan Islam (SKI) Di MTs N 19 Jakarta (Vol. 85, Issue 1).

Nugraheni, F. (2009). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK).

Oktri. (2020). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

S, R. D., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pgsd Masukan Sarjana Di Upbjj Ut Bandung. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 163. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5139

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Sidabutar, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Epistema, 1(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/ep.v1i2.34996

Siti Ayu Nurjanah. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Vii Di Mtsn 1 Jember Tahun Ajaran 2021/2022. In Pendidkan

Sugilar, H. (2017). Daya matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 97-108.

Tika Arum Permatasari, Afif Afghohani, A. A. W. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Kalkulus Differensial. Jumlahku, 8, 165–174. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1162

Ulfa, R. (2018). Reliabilitas artinya kestabilan pengukuran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Widyanto, E. A., & Wulaningrum, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar,Motivasi Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik. 66–81.

Wiryaatmaja, J. P. (2022). Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 7 Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v7i2.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: