HOTS Test Development Based on Realistic Mathematics Learning For Grade V Elementary School

Nova Listia Amanda, Dian Armanto, Waminton Rajaguguk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis tingkat validitas tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik pada topik bangun ruang; menganalisis tingkat praktikalitas tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan; menganalisis keefektifan tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik; dan mengetahui respon siswa terhadap tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SDN 064987 Medan pada tahun Pelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 30; Hasil penelitian diperoleh bahwa;  kemampuan tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa telah memenuhi kriteria valid; tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria praktis; tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria efektif; dan respon siswa terhadap tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria yang diperoleh rata-rata di atas 80% pada uji coba I dan uji coba II.


Keywords


Pembelajaran Matematika Realistik, Tes HOTS

Full Text:

PDF

References


Al-Khwarizmi. (2018). Konstruktivisme Dengan Media E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (2), 167–78.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Astuti, P. H.M., Margunayasa, I.G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. . . Jurnal Ilmu Sekolah Dasar, 3, 269–277.

Devina, P., Suanto, E., dan K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Tingkat Tinggi Model Problem Based Learning Materi Peluang Kelas VIII SMP. Jurnal Gantang, 6(1), 61–73.

Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 2 (1), 92-99.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT Remaja Rosdakarya.

Hendrikson R Panjaitan. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Smp Jendral Sudirman. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 1 No 3, 23.

Herawati, Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Karmal NW Kembang Kerang.

Masri, MF., dkk. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM., 11 (1), 116–126.

Muliza, M. (2020). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Produk Domestik Regional Bruto (GRDP) Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Nagan Raya. At-Tasyri’. Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 12(1), 63.

Rustam.E., Sidabutar.D.R., & S. E. 2017. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International. Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR, 33 No 2, 321-331.

Sabaruddin. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Sudaryono. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.

Winandyaz, C. & A. M. (2021). Developing Educational Games for Mathematics Learning to Improve Learning Motivation and Outcomes. Teknologi Pendidikan, 23 (1), 2620–3081.

Zakaria, E & Muzakkir, S. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Journal Mathematics Education Trends and Research, 1, 32-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v9i1.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.