Development of Mathematics Learning Devices Based on Problem Based Learning Integrated with STEM to Improve Critical Thinking Abilities and Mathematical Communication Abilities
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning terpadu STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa; Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah belajar dengan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning terpadu STEM. Metode penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII semester I T.A 2024/2025. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa:LKPD model problem based learning berbasis STEM yang dikembangkan dinyatakan sudah valid,praktis dan efektif; Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Riyadhussholihin melalui LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan meningkat dari uji coba I ke uji coba II dilihat dari N-Gain. Pada uji coba I, Pada uji coba II, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa matematis sebesar 0,46 dan peningkatan kemandirian belajar siswa sebesar 0,42. Pada uji coba II peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa matematis memiliki N-gain yaitu sebesar 0,59 sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 1–10.
Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna, 3 No 1. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/958
Branca, N. . (2017). Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill. NCTM.
Daryanto dan Suryatri Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.
Fachrurozi. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Forum Penelitian, 1.
Fauzi, K.A., & Mukasyaf, F. (2018). Lintasan Belajar Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematika Siswa melalui Pendekatan Metakognitif Topik Gsl di SMP Imelda Medan. Penelitian Bidang Pendidikan, 24 (2), 7-14.
Gibby, C. (2013). Critical Thinking Skills in Adult Learners. Journal ARECLS, 10 (1), 147-176.
Girsang, R.A.S., Listiani, T. (2017). Pendekatan Matematika Realistik Indonesia dalam Mengembangkan Kemampuan Disposisi MAtematis Siswa pada Materi Aljabar di Salah Satu SMP di Palembang. JOHME, 1(2), 1 – 16.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT Remaja Rosdakarya.
Hendriana, Rohaeti, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran situation based learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3 (1), 95-108.
Lestari, D. F. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6 (1), 66–76.
Muliza, M. (2020). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Produk Domestik Regional Bruto (GRDP) Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Nagan Raya. At-Tasyri’. Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 12(1), 63.
Nana Laode Sukmadinata. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah, N., & Aini, Q. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124. https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.81
Sinaga, R. S. dan Halimah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Palapa Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 3.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sulistiowati, D. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Math Talk Learning Community Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. FARABI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 192-201.
Wahyuni, P. dan F. Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII MTS YKWI Pekan Baru. Jurnal Ad Math Edu., Vol.8 No.2, 159:170.
Yusdiana, B.I., dan Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. IKIP Siliwangi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 No 3.
Zakaria, E & Muzakkir, S. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Journal Mathematics Education Trends and Research, 1, 32-40.
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v9i1.340
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.