Peningkatan Kualitas Penelitian berbasis Output dan Outcome pada PTKIN

Deni Miharja, Encum Sumirah, Nasywa Syahida Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kualitas penelitian berbasis output dan outcome di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan studi kasus pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua institusi memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan kualitas penelitian melalui penyediaan infrastruktur, pelatihan dosen, serta kolaborasi dengan institusi dalam dan luar negeri. Namun, hambatan utama yang dihadapi adalah kompleksitas administratif dan akses yang terbatas terhadap dana penelitian. Penelitian ini berkontribusi dengan menawarkan pendekatan strategis untuk mengatasi hambatan tersebut, termasuk penyederhanaan proses administratif dan penguatan sinergi antar institusi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi PTKIN dalam mengembangkan kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan dampak penelitian bagi masyarakat

Keywords


Penelitian Berbasis Outcome, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Kualitas Penelitian

References


Abidin, M. Z., & Sabirin, M. (2021). KEBIJAKAN DAN STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENELITIAN DAN PUBLIKASI ILMIAH DOSEN PADA 3 (TIGA) PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN) DI KALIMANTAN. ANTASARI PRESS.

Adrian, T. S. (2023). Tren Riset Konseling Lintas Budaya di Indonesia 2019-2023. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 307–312.

Ahmadi, A., Basuki, B., & Irawan, E. (2020). The Internalization of Attitude and Values: Comparison Study in PTKIN and PTKIS. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 17–32.

Ahwan, M. A., & Kardi, K. (n.d.). Semantic Study on the Unique Naming of PTKIN Library and Information Journals. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 11(2), 224–230.

Aisyah, L., & Maftuhin, A. (2019). Kontribusi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Studi Disabilitas di Indonesia. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 3(1), 71–86.

Amri, U., Rifma, R., & Syahril, S. (2021). Konsistensi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2200–2205.

Asmara, A. Y. (2016). Pentingnya Riset Kebijakan dalam Pembuatan Kebijakan Publik Unggul di Indonesia. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 1(1), 37–46.

Bisri, H. (2002). Ilmu, pendidikan tinggi, dan penelitian: wacana dan kiat pengembangan ilmu agama Islam. Lembaga Penelitian, IAIN Sunan Gunung Djati.

Bogdan, C. R., & Biklen, S. K. (n.d.). Quantitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, terj. Munandir.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4 ed. SAGE Publications.

Darmalaksana, W. (2017). Nomenklatur penelitian unggulan: Bidang fokus sosial-humaniora, seni-budaya dan pendidikan.

Darmalaksana, W. (2018). INSTRUKSI KERJA Penelitian Litapdimas Tahun Anggaran 2018. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fauzi, F. (2016). Membangun Strategi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Menuju World Class University. Jurnal As-Salam, 1(1).

Isnanto, M. (2017). Pemetaan Tema Penelitian Pada Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 1991-2012 Mapping of Research Theme at Research Institution Uin Sunan Kalijaga 1991-2012. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 3(1), 51–65.

LPPM UIN Sunan Gunung Djati. (2022). LP2M : SOSIALISASI PEMBUKAAN PENDAFTARAN BANTUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN LITAPDIMAS T.A 2022. LPPM UIN Sunan Gunung Djati.

Lubis, M. I., Husti, I., & Mustofa, B. (2023). Implementasi Konsep Integrasi Islam dan Sains UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah J. Pendidik. Islam, 4(1), 15.

Muslih, M. (2017). Tren Pengembangan Ilmu di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Episteme, 12(1), 103–139.

Prabowo, T. T. (2016). Implementasi manajemen pengetahuan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(2), 161.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suhadianto, S., Domino, P., & Eva, N. (2019). Implementasi Evaluasi Program Berbasis Outcome di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2023). Tentang LP2M UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

UIN Sunan Kalijaga. (2020). Rencana Strategis Bisnis BLU UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2020-2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: