KORESPONDENSI DALAM PUBLIKASI ILMIAH

Wahyudin Darmalaksana, Yaya Suryana

Abstract


Penelitian dan publikasi ilmiah tidak dapat dipisahkan, hasil penelitian belum bermakna apabila belum terpublikasi dengan baik pada jurnal, buku atau media lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan tentang teknik publikasi dan korespondensi dalam publikasi ilmiah sehingga hasil penelitian dapat terpublikasi dengan baik sesuai dengan template dan scope yang ditentukan sehingga alur pengiriman artikel sesuai dengan harapan penulis dan pengelola jurna mulai dari kirim artikel, menerima revisi sampai mengirim hasi revisi berbasis online atau open journal system yang semua itu diperlukan adanya korespondensi. Metode penelitian merupakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif menguraikan tentang teknik publikasi melalui korespondensi penulis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pentingnya korespondensi dalam publikasi untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas dan kuantitas paper pada publikasi pada jurnal online.

Keywords


korespondensi menulis; publikasi online

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, W., 2016. Penelitian Kompetitif Berbasis Hasil Publikasi Artikel Jurnal: Telaah Rencana Kinerja Pusat Penelitian dan Penerbitan. Jurnal Riset dan Inovasi, 2 Januari.pp. 1-9.

Darmalaksana, W., 2017. Riset Berbasis Outcome. Jurnal Riset dan Inovasi, p. 3.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dirjen Dikti. Kemdikbud.

Lukman, 2016. Strategi Peningkatan Publikasi Ilmiah Bereputasi, Surabaya: PDII LIPI Jakarta.

Pribadi, B. A. & Delfy, R., 2015. Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(2), pp. 76-88.

Ramdhani, M. A., 2013. Metodologi Penelitian dalam Riset Teknologi Informasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rohmah, N., Huda, M. & Kusmintardjo, A. Y., 2016. Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), pp. 1312-1322.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/5.jpg

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.