Comparison Of Inquiry And Problem Solving Approaches Towards Improving Students' Mathematical Reasoning Ability And Self Confidence High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. 2008, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Agustin R. D. 2016, Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalu Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia. (Online), Vol.5 No.2 ISSN 2089-3833
Bahtiar. Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). 2015, Mataram: CV Snabil, 2015 Damas Sadewo, Y., Dheni Purnasari, P., Muslim, S., Universitas Negeri Jakarta,
P., & Shanti Bhuana, I. (2022). Philosophy Of Mathematics: The Position, Role, And Perspective Of Problems In The Study Of Mathematics. JURNAL KELITBANGAN, 10(1).
Dencik, A. B. (2019). Statistik Multivariat: Analisis Anova, Manova, Ancova, Mancova, Repeated Measures Dengan Aplikasi Excel Dan SPSS. Rajawali Pers.
Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN,3(4), 1185–1190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. (N. F. Atif, Ed.) (kesatu)
Herman Hidayat & Kartono Sukarto. 2010. Pengaruh Minat Belajar Siswa terjadap Prestasi Belajar Mata Diklat PDTM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 10 (1)
Iif Khoiru Ahmad. Dkk. 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Ismail. 2017, The Influence of Learning Approach Toward Learning Outcomes in Mathematics Based on Prior Ability And Self Confidence of Grade Viii Students at SMPN 6 Moncongloe In Maros District. Jurnal Daya Matematis. (Online), Vol.5 No.2.
Jazimah, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 91–109. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9428
Lubis C. M dan Surya. E. 2016, Analisis Keefektifan Belajar Matematika Melalu Pendekatan Stop Think Do Pada Siswa MTs. Budi Agung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol.4 No.3.
Made Wena. Strategi Pembeajaran Inovatif Kontemporer Satu Tinjauan Konseptual Operasional. 2009, Jakarta: PT Bumi Aksara
Martyanti. A. 2013, Membangun Self-Cofidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Prosiding. (Online), ISBN: 978-979-16353-9-4
Martyanti. A. 2013, Membangun Self-Cofidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Prosiding. (Online), ISBN: 978-979-16353-9-4
Mathematical Science Education Board, National Research Council. (1989). Everybody counts: A report to the nations on the future of mathematics education. Washington. Academy of Science Press.
Maulydia. S.S. Surya. E dan Syahputra E. 2017, The Development of Mathematic Teaching Material Through Realistic Mathematics Education to Increase Mathematical Problem Solving of Junior High School Students. Jurnal IJARIE. (Online), Vol.3 No.2. ISSN(O)-2395-4396
Miftahul Huda. 2014, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Belajar
Muchayat 2011, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal Dimensi Pendidikan. (Online), Vol. 1 No.2
Napitupulu E. E. 2016, Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik. Jurnal Pythagoras. (Online), Vol 4 No.2
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Novianty, H., Sudrajat, A., & Yusnita Fitrianna, A. (2023). Penerapan Problem- Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Confidence Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 671–684. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.10223
Nurkholifah. S. Toheri dan Winarso. W. 2018, Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edumatica. (Online), Vol.8 No.1
Nurmanita dan Surya E. 2017, Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability) dalam Pembelajaran Matematika. (Online), Artikel https://www.researchgate.net/publication/321825158
Pane. N, Syahputa. E dan Mulyono. 2018, Model-Eliciting Activities Approach as a Tool to Improve Creative Thinking Skills and Self-Confidence. Jurnal Atlantis Press. (Online). Vol.104
Pane. N. Syahputa. E dan Mulyono. 2018. Improving the Ability of Creative Thinking Mathematically and Self-Confidence Student through Application Model Eliciting Activities (MEAs) Review from Student Gender. American Journal of Educational Research. (Online), Vol.6 No.4
Priyasmika, R. (2019). Perbandingan Strategi Inkuiri Terbimbing Dengan Problem Solving Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Algoritma Siswa Dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Rendah. Ed-Humanistics, 4(1), 485–494.
Purba G.LD, Surya. E, Manullang, M dan Asmin. 2018, The Effect of Students' Worksheet in the Model of Discovery Learning Against the Students Ability of Reasoning and Mathematical Communication in the Faculty of Mathematics and Natural Science of State University of Medan. Jurnal International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). (Online), Vol.37 No.3. ISSN 2307-4531
Purnama, S. Y. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII Di SMAN 1 PERANAP.
Purwanto, Z. A., Yusmin, E., & Yani T, A. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Berdasarkan Dimensi Bernalar Kritis. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 316–325.
Ridwan Abdullah Sani. 2015, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara
Rizqi. N.R dan Surya. E. 2017, An Analysis of Students' Mathematical Reasoning Ability in VIII Grade of Sabilina Tembung Junior High School. Jurnal IJARIE. (Online) Vol.3 No.2. ISSN(O)-2395-4396
Rosmala, A., Isrok'atun, I., & Panjaitan, R. L. (2017). Perbandingan Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning Dan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 771-780.
S. Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sahir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Ekstensif, Membaca Intensif dan Membaca Cepat Siswa Kelas IX SMP NEGERI 1 ROKAN IV KOTO Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Edu Research, 8(2), 35–46.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By: