Development of Mathematics Module Based on Problem Based Learning to Improve Students' Mathematical Problem Solving Ability and Learning Independence
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v8i2.305Keywords:
Mathematics Module, Problem Based, Learning, Problem Solving Skills, Student Learning Independence.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui keabsahan dan kepraktisan modul matematika berbasis model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; mengetahui kepraktisan modul; dan mengetahui model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa salah satu SMP Negeri di Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis pembelajaran berbasis masalah valid dan praktis. Modul matematika berbasis pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMP kelas VIII. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa modul matematika berbasis masalah berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa kelas VIII dari uji coba I sampai uji coba II
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.
Al-Khwarizmi. (2018). Konstruktivisme Dengan Media E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (2), 167–78.
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 1–10.
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking). Jurnal DIRASAH, 3(1), 112-123.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aufa, M., Saragih, S., Minarni, A. (2015). Development of Learning Devices through Problem Based Learning Model Based on the Context of Aceh Cultural to Improve Mathematical Communication Skills and Social Skills of SMPN 1 Muara Batu Students. Journal of Education and Practice, 7 (24), 232-248.
Aulia, N., Nurmawati, N., & Andhany, E. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Man 3 Langkat. AXIOM. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 133–144.
Chuseri, A., Anjani, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis realistic terintegrasi higher order thinking skills (HOTS) pada materi bangun ruang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(21), 18-31.
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227-236.
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadinggrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3 (1), 103–120.
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran situation based learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3 (1), 95-108.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, 7(1), 63–74.
Polya, G. (1973). How To Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Stanford University.
Prastowo, A. (2018). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rahayu, dkk. (2019). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berdasarkan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 4 (2), 93-101.
Ramadhana, R. S. A., Andriani, R., Ritonga, M. W., & Marpaung, M. F. R. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Al-Khawarizmi. : : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 6-16.
Santri, F. (2018). Pengembangan modul pembelajaran elementer. Zigie Utama.
Sari, N. W., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Baru. Radian. Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2 (1), 1-10.
Sinaga, B. (2007). Pengembangan Model Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak. Universitas Negeri Surabaya.
Sulistiowati, D. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Math Talk Learning Community Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. FARABI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 192-201.
Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Wanahari, M., Amry, Z., Simamora, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Menggunakan Hypercontent Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06 (01), 668-681.
Zulkarnain, I. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Formatif., 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).