Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis HTML 5 Package Materi Rasio melalui Pendekatan Representasi Matematis

Authors

  • Hamdan Sugilar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Scopus ID: 57200558086, Indonesia
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Darhim Darhim Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jp.v9i1.322

Keywords:

E-Modul Interaktif, HTML 5 Package, Rasio, Representasi Matematis

Abstract

Pengembangan e-modul interaktif dengan pendekatan refresentasi matematis menjadi salah satu bahan ajar materi rasio. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sumber belajar berupa e-modul interaktif berbasis HTML5 Package untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sumber data didapatkan dari validator materi, validator media, peserta didik kelas VII Salah satu SMPN di Kabupaten Bandung. Analisis data untuk pengembangan e-modul interaktif berbasis HTML5 Package kriteria sangat valid dari ahli materi dan ahli media, memperoleh kriteria praktis dari peserta didik, dan efektif dalam peningkatan kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul interaktif berbasis HTML5 Package bisa menjadi sumber belajar untuk mempelajari materi rasio dimanapun dan kapanpun karena praktis, efisien, dan mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan refresentasi matematis siswa.

Author Biography

Hamdan Sugilar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Scopus ID: 57200558086

References

Agung, S. (2023). Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21. Guru Inovatif. https://guruinovatif.id/artikel/media-pembelajaran-interaktif-revolusi-pendidikan- abad-ke-21

Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. 2020: Seminar Daring Internasional Riksa Bahasa XIV . http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. (Vol. 722). Springer Publishing Company.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Dewi, F. I. R. (2019). Intervensi Kemampuan Regulasi Diri. Penerbit Andi.

Durmus et al. (2019). The effect of different teaching approaches on students’ mathematical representation skills. Educational Sciences: Theory & Practice, 19(2), 143–166.

Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan Ipa Di Sd Muhammadiyah 5 Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74–88.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kota Bengkulu. In JPMR (Vol. 04, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Junaidi. (2020). Belajar Berdasar Regulasi Diri: Ditinjau Dari Jenis Pendidikan. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 4(1), 18–33.

Mahendra, N. R., Mulyono, & Isnarto. (2019b). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Marliani, S., Puspitasari, N., Terusan Pahlawan Nomor, J., & Kidul, T. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 01(02), 113–124. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/powermathedu

Mulyani, R. R., Chandra, Y., & Wira Nita, R. (2023). Human: Journal of Community and Public Service Published by HAQI Publishing Service Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 35 VII Koto Sungai Sarik. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2), 23–30.

Ozhiganova, G. V. (2018). Self-Regulation and Self-Regulatory Capacities: Components, Levels, Models. RUDN Journal of Psychology and Pedagogics, 15(3).

Panadero, Ernesto, & Andrade, H. (2018). Fusing Self-Regulated Learning and Formative Assessment : A Roadmap of Where We Are, How We Got Here, and Where We Are Going. The Australian Educational Researcher.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Santrock, J. W. (2004). Educational Psychology (2nd ed.). McGraw-Hill Companies.

Susanti, E. (2019). Penggunaan MEAs Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik Ditinjau Dari Regulation Pada Pembelajaran Matematika. Journal UNNES PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika .

Syahril Harahap, M., & Fauzi, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis WEB. Jurnal Education and Development STKIP , 4, 2527–4295.

Usta, N. D., & Güntepe, E. T. (2017). Pre-Service Teachers’ Material Development Process Based on the ADDIE Model: E-book Design. Journal of Education and Training Studies, 5(12), 199. https://doi.org/10.11114/jets.v5i12.2820

Published

2025-05-05

How to Cite

Sugilar, H., Herman, T., & Darhim, D. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis HTML 5 Package Materi Rasio melalui Pendekatan Representasi Matematis. Jurnal Perspektif, 9(1), 35–51. https://doi.org/10.15575/jp.v9i1.322

Issue

Section

Jurnal Perspektif

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>