Development of Mathematics Learning Media using Geogebra-Assisted Scientific Approach to Improve Students' Creative Thinking Skills Learning Skills and Independence

Sucia Ramadani, Elmanani Simamora, Waminton Rajagukguk

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP Swasta di Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan geogebra mendapat rata-rata skor 4,79 pada kategori valid. Kepraktisan media pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dinilai dari rata-rata skor keterlakaanaan pembelajaran diperoleh sebesar 88,33% dengan kategori baik, dan respon positif siswa memperoleh rata-rata skor sebesar 88,38% dengan kategori sangat positif sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan praktis. Sedangkan keefektifan media pembelajaran menggunakan pendekatan santifik berbantuan geogebra dinilai dari rata-rata skor ketuntasan secara klasikal siswa sebesar 90,63% dengan kategori sangat tinggi, ketercapaian tujuan pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 86,81%, dan respon siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 88,33% sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Skor peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa mendapat nilai N-gain sebesar 0,37 pada kategori sedang, dan skor peningkatan kemandirian belajar siswa mendapat nilai N-gain sebesar 0,35 pada kategori sedang, sehingga dapat dikatakan media yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa

Keywords


Saintific, Geogebra, Creative Thinking Skills, Student Learning Independence.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2018). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Akker, J. V. D. Gravemeijer, K. McKenney, S. & Nieveen, N. (2013). Introducing Educational Design Research. Routledge.

Al-Khwarizmi. (2018). Konstruktivisme Dengan Media E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (2), 167–78.

Amir, Z., Mulyani, F. R. (2019). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model CTL terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dan Self Efficacy Siswa. PRINSIP Pendidikan Matematika, 1 (2), 37-45.

Angelia, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Z. (2016). Computational Thingking Curriculum Framework: Implications For Teacher Knowledge. Educational Technology and Society.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Aufa, M., Saragih, S., Minarni, A. (2015). Development of Learning Devices through Problem Based Learning Model Based on the Context of Aceh Cultural to Improve Mathematical Communication Skills and Social Skills of SMPN 1 Muara Batu Students. Journal of Education and Practice, 7 (24), 232-248.

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Jurnal Aksioma, 8(1).

Diningrum, P. R., Azhar, E., Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 24 Jakarta. Seminar Nasional Matematika, 1(1), 355.

Fardani, Z., Surya, E. dan M. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 39–51.

Hendrikson R Panjaitan. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Smp Jendral Sudirman. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 1 No 3, 23.

Hewi, La., Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi (Online), Vol.04 No., 3041.

Höffler, T. N., & Leutner, D. (2017). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17, 722–738.

Kumalasani, M., Yenny, E. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)., 10(1), 39-51.

Marselina, Vince, dan A. M. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6 (2), 206.

Maulydia, S. S., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Development of Mathematic Teaching Material Through Realistic Mathematics education to Increase Mathematical Problem solving of Junior High School Students. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education (IJARIIE)., 3, 2965-2971.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Yogyakarta.

Nurfatanah, Rusmono, N. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, ISSN: 2528-5564.

Putra, Y. P., Musril, H. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-modul Pembelajaran Informatika di MTs Negeri 6 Agam. Jurnal Edukasi Elektro, 1(2), 18–23.

Ramadhani, R., Wardani, H., Nurdalilah, N., & Nasution, H. A. (2023). Sosialisasi Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Di SD Bintang Pertiwi Medan. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Rangkuti, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.No Title. Universitas Al Washliyah: RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 5. No. 1.

Rohman, A. & A. (2014). Epistemologi dan Logika. Aswaja Pressindo.

Sari, E. M. J. (2016). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Universitas Negeri Surabaya.

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Surapranata, S. (2016). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. PT. Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, S. W., & Syahputra, E. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dengan Think Pair Share di SMP Swasta Imelda Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8797.

Tunnajach.N.F & Gunawan. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika Gender, Vol. 2, No(2723–1208, e-ISSN: 2723-1194), 1–7.

Yamin, M. dan Ansari, B. I. (2008). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i2.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: