ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR ABSTRAKSI MATEMATIS BERDASARKAN KRITERIA WATSON
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.135Keywords:
Analisis Kesalahan, Kriteria Analisis Kesalahan, Kriteria Watson, Kemampuan Abstraksi MatematisWatson, Kemampuan Abstraksi MatematisAbstract
Beberapa fakta di lapangan menunjukkan kemampuan abstraksi matematis masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring dan kesalahan siswa saat menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan kriteria Watson pada materi bangun ruang sisi datar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang melibatkan 20 orang siswa kelas VIII-B MTs Persis Katapang. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada kriteria data tidak tepat sebesar 5,85%, prosedur tidak tepat sebesar 10,58%, data hilang sebesar 4,76%, kesimpulan hilang sebesar 34,92%, konflik level respon sebesar 3,70%, manipulasi tidak langsung sebesar 5,29%, masalah hierarki keterampilan sebesar 3,18%, selain ketujuh kriteria tersebut sebesar 31,75%. Penyebab siswa melakukan kesalahan di antaranya tidak memahami soal dengan baik, ceroboh saat mengerjakan soal, kebingungan saat menentukan langkah pengerjaan, dan terburu-buru saat mengerjakan soal. Solusi untuk menghindari kesalahan yang dilakukan siswa yaitu memberi penguatan untuk siswa agar menguasai setiap materi yang telah dipelajari dengan menerapkan pembelajaran yang membuat siswa aktif untuk banyak berlatih dengan berbagai macam variasi soal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).