Pemanfaatan Aplikasi “Sparkol†(Solusi Pembelajaran Matematika Online-Interaktif) di Era Digital 4.0
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v6i2.171Keywords:
Media pembelajaran, VideoScribe, Daring, Motivasi belajar siswaAbstract
Keberadaan teknologi sebagai suatu yang dapat dimanfaatkan dengan baik di bidang pendidikan masih tergolong dihiraukan. Sehingga, ketika pembelajaran secara tatap muka digantikan mendadak oleh pembelajaran secara dalam jaringan, membuat pelaku pendidikan, terutama guru sebagai tenaga pendidik menjadi kebingungan. Motivasi belajar siswa pun menurun dikarenakan kegiatan pembelajaran yang berbeda dan tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi tekonologi dengan VideoScribe Sparkol sebagai aplikasi bantuan dalam membuat media pembelajaran berupa video dan mengetahui apakah VideoScribe Sparkol dapat menjadi solusi bagi kebingungan guru dan untuk meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan. Tahapan yang digunakan adalah mengambil serta mengumpulkan berbagai sumber yang dapat mendukung penelitian dari buku, internet, jurnal, tesis dan lain sebagainya yang dapat dipertanggung jawabkan validitasnya untuk kemudian diolah menjadi suatu kesimpulan yang teoritis serta akurat. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwasannya penggunaan media video dengan bantuan aplikasi VideoSribe Sparkol ini diniali efektif dan dapat menjadi solusi untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa
References
Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omricon Dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87.
Arsilawita, Jamaris, & Sufiyarma. (2021). Strategi Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Pada Massa Pandemik Covid-19 Di SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar Riau. 5, 2501–2510.
Dahlan, U. A. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. 102–109.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. 3(November), 395–408.
Fitria, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran. Kompasiana, 1. Https://Www.Kompasiana.Com/Sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/Penggunaan-Media-Audio-Visual-Dalam-Pembelajaran
HERANI, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59–67. Https://Doi.Org/10.51878/Edutech.V1i1.193
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80–89. Https://Jurnal.Polines.Ac.Id/Index.Php/Bangun_Rekaprima/Article/View/3000/107647
Kholidin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi, 06(12), 21.
Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In A Malaysian University. Turkish Online Journal Of Educational Technology, 13(2), 99–110.
Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V1i3.3061
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224.
Saman, Ma’rufi, A. T. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematikamatematika Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy, 4(1), 1689–1699.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education And Development, 9(2), 369–377.
Suradika, A., & Gunadi, A. A. (2020). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An - Nizomiyah.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(April), 90–101.
Utami, E. (2020). Kendala Dan Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.
Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307–317.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).