Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Mahasiswa Belajar Geometri Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Mutawah, M. A. (2015). The Influence of Mathematics Anxiety in Middle and High School Students Math Achievement. International Education Studies, 8(11), 239. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p239
Alkan, V. (2013). Reducing Mathematics Anxiety: The Ways Implemented by Teachers at Primary Schools. Online Submission, 3(3), 795-807.
Ameylia, T., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 299. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13602
Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In JPPMS (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Aseta, P., & Siswanto. (2021). Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Politeknik Insan Husada Surakarta. In Jurnal Ilmiah Keperawatan (Vol. 9, Issue 2).
Astuti, L. S., & Munasiah. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Saat Pembelajaran daring terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah kalkulus. 5. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.874
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis.
Cavanagh, R. (2010). Measuring Mathematics Anxiety: Paper 1- Developing a Construct Model.
Daely, K., Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). ANALISIS STATISTIK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA (Vol. 1, Issue 5).
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757
Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. 6(2), 307–318. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816
Himawan, R. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya Ditinjau dari Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 10(1), 1-9.
Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender terhadap Kecemasan Matematika dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp23-36
Karadağ, E. (2017). The Factors Effecting Student Achievement.
Lailiyah, S., Hayat, S., Urifah, S., & Setyawati, M. (2021). Levels of students’ mathematics anxieties and the impacts on online mathematics learning. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 107–119. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.36437
Latip, A., Turmudi, T., & Yulianti, K. (2023). Analysis of Mathematical Reasoning Ability Reviewed Based on The Level of Mathematical Anxiety. Jurnal Analisa, 9(1), 1-11.
Masrura, S. I., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., Nomor, A., & -Gowa, S. (2013). Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika.
Mukholil. (2018). Kecemasan dalam Proses Belajar. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.135
Nasution, S. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 49-57.
Novikasari, I. (2017). Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru SD/MI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 120-127.
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.
Pantaleon, K. V., Kurnila, V. S., Tamur, M., & Nendi, F. (2017). Profil Komunikasi Matematik Tertulis Calon Guru Matematika Dengan Tingkat Kecemasan Matematika Tinggi dalam Pembuktian Matematika
Petronzi, D., Hunt, T. E., & Sheffield, D. 2021 Interventions to address mathematics anxiety: An overview and recommendations. Current Studies in Educational Disciplines, 169.
Saputra, A. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGMI Pada Mata Kuliah Matematika Materi Geometri Ruang Dan Alternatif Solusinya. PELITA-JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(2), 53-60
Sugilar, H., Kariadinata, R., & Sobarningsih, N. (2019). Spektrum symbol dan structure sense matematika siswa madrasah tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37-48.
Wardani, N. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. NUCLEUS, 3(2), 155–161. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i2.992
DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v7i2.256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Perspektif is indexed By: