Development of Mathematics Learning Tools Based on Realistic Mathematics Education (RME) to Improve Students' Mathematical Reasoning and Learning Independence
DOI:
https://doi.org/10.15575/jp.v9i1.326Keywords:
Pendidikan Matematika Realistis (RME), Penalaran Matematika dan Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini menguji keabsahan, kepraktisan, dan keberhasilan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan Mathematical Reasoning dan Kemandirian Belajar siswa di SMP Free Methodist 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Medan. Hasil penelitian; Perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dinyatakan telah valid dan dapat meningkatkan Mathematical Reasoning dan Kemandirian Belajar siswa di SMP Free Methodist 2 dengan rata-rata penilaian pada validasi untuk tiap perangkat yaitu 3,4. Perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dikembangkan dinyatakan praktis untuk meningkatkan Mathematical Reasoning dan Kemandirian Belajar siswa di SMP Free Methodist 2 Medan dengan rata-rata skor yang diberikan observer tiap pertemuan yaitu 3,84 sehingga dinyatakan terlaksana dengan baik tanpa adanya hambatan. Perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan Mathematical Reasoning dan Kemandirian Belajar siswa di SMP Medan. Pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan diperoleh 23 siswa tuntas dalam test yang diberikan dengan persentase 76% dan hanya terdapat 7 siswa yang belum tuntas dengan persentase 23%.
References
Andara, B., Fadillah, S., & Jamilah, J. (2022). Pengembangan Flash Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 84–92.
Apertha, F. K. P., Zulkardi., M. Y. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (2), 47-62.
Aulia, N., Nurmawati, N., & Andhany, E. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Man 3 Langkat. AXIOM. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 133–144.
Habibi, A & Irawati, T, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk meningkatkan Pemahaman konsep Matematika Siswa Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 1, 33–43.
Hendrikson R Panjaitan. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Smp Jendral Sudirman. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 1 No 3, 23.
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., dan Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement? EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14 (2), 569-578.
Muhammad, R. (2020). Implementasi Berpikir Komputasi pada Graf dengan Model Problem Based Learning. Universitas Pendidikan Indonesia.
NCTM. (2020). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Stkip Garut, 5 No 2(ISSN 2086-4280.).
Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on the Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10 (8), 12–20.
Zayyadi, M., Nusantara, T., Subanji, S., Hidayanto, E., & Sulandra, I. M. (2019). A Commognitive Framework: The Process Of Solving Mathematical Problems Of Middle School Students. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 18(2), 89-102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jourrnal Perspektif agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).